Sambang Warga, Bupati Ajak Berantas Sarang Nyamuk

dok hms

Kasihinfo.com klaten - Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Rabu siang, 20 Maret 2019 mengadakan kegiatan sambang warga di Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten menyampaikan pesan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo agar setiap rumah ada anggota keluarga yang bertugas sebagai Juru Pemantau Jentik (Jumantik), menggiatkan siskamling dan menggiatkan 3M yakni menguras bak mandi, mengubur barang bekas dan menutup tempat air sehinga tidak digunakan sarang nyamuk penyebab Demam Berdarah (DBD).

Menurut data dinas kesehatan klaten, Kasus DBD tahun ini, ada kecenderungan naik. Hal itu terjadi karena pengaruh cuaca, sehingga jumlah vektor meningkat. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dinilai masih kurang.

kasus DBD di Klaten pada 2018 tercatat sebanyak 20 kasus dan satu penderita meninggal dunia. Sedangkan hingga februari tahun 2019, penderita DBD yang menjalani perawatan di rumah sakit bertambah menjadi 15 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengingatkan warga agar tidak membuang sampah sembarangan untuk mencegah banjir dan selalu waspada karena Klaten merupakan Kabupaten nomor 4 di Jawa Tengah yang rawan terjadinya bencana alam.

Pada kegiatan sambang warga, Bupati Hj Sri Mulyani memberikan sejumlah bantuan antara lain Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sembako untuk difabel, bantuan paket sembako untuk warga kurang mampu. Kemudian menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai Rp 667 juta, BKK  dari Provinsi Jawa Tengah Rp 750.000, bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Rp 30 juta.

Selain itu, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga menyerahkan bantuan pompa air untuk irigasi pertanian, bantuan bibit ikan 50 ribu ekor dan menyerahkan sertifikat PKH atas nama Arum Kusuma Andari. 
Pada kegiatan sambang warga di Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga menyaksikan deklarasi Kecamatan Klaten Selatan sebagai Kecamatan ODF atau Open  Defecation Free yakni kecamatan   yang semua warganya sudah tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Bupati Klaten juga menyaksikan deklarasi Kecamatan Klaten Selatan sebagai Kecamatan Layak Anak (KLA) dan Bupati Hj Sri Mulyani juga meresmikan penggunaan Gedung Olahraga  Sasana Raga Komplek Balai Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan. (humas)


Lebih baru Lebih lama