Turunkan angka kematian ibu saat persalinan, RSCH buka kelas yoga prenatal


Kasihinfo.com klaten – guna menurunkan angka kematian ibu (AKI) saat persalinan , berbagai cara terus dilakukan, pemerintah. Upaya tersebut tak terlepas dari dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, salah satunya rumah sakit.
Menurut data dari kementrian kesehatan republik indonesia (kemenkes ri), menunjukkan angka kematian ibu masih tinggi. Hal ini mendorong pemerintah untuk melakukan intervensi struktural. Salah satunya dengan mencantumkan target penurunan aki ke dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2014-2019.
Direktur rumah sakit cakra husada (RSCH) klaten, dr.netty herawati.s.p.og saat membuka seminar prenatal yoga di gedung lantai 3 rumah sakit setempat, jumat (17/5/2019)sore. Mengatakan,  rumah sakit cakra husada (RSCH) klaten merupakan salah satu rumah sakit yang ikut terlibat dalam membantu menurunkan angka kematian ibu. Rumah sakit merasa terpanggil, melalui berbagai upaya yang dilakukan, dan salah satunya dengan membuka kelas yoga prenatal di RSCH klaten.
“ini sebagai wujud nyata rsch membantu pemerintah dalam menekan angka kematian ibu dan hamil kususnya di area pelayanan rsch klaten, pasalnya menurut data dari kementerian kesehatan republik indonesia (kemenkes RI) menunjukkan bahwa angka kematian ibu (AKI) masih tinggi ”,katanya.

Dokter netty menambahkan, sebagai dokter kandungan kemungkinan bisa mendampingi ibu hamil hanya dalam kondisi fisik atau medis saja, padahal pendampingan ibu hamil ini harus menyeluruh baik dari sisi mental, spiritual, menjaga fikiran positif selama kehamilan.

“diharapkan para ibu hamil dan suami dapat memanfaatkan klas yoga prenatal ini untuk mendukung kelancaran proses kehamilan dan masa kelahiran agar ibu dan bayi dalam kondisi sehat, karena dengan yoga prenatal para peserta akan dipandu mulai dari pengaturan nafas, peregangan dan gerakan gerakan tertentu yang nanti akan melancarkan proses persalinan”,jelasnya.

Rencana rsch klaten yang akan membuka kelas yoga prenatal ini disambut baik oleh ani seytoningsih, salah satu bidan desa di kecamatan klaten utara.

“saya sangat mendukung program kelas yoga prenatal yang dibuka di rsch klaten ini. Saya berharap, ini dapat mencegah adanya persalinan tidak normal. Senam yoga sangat diperlukan, khususnya bagi para ibu hamil untuk mempersiapkan proses persalinannya,” ujarnya. (h-d)


Lebih baru Lebih lama