Suspect Demam Berdarah di Klaten Tinggi



Kasihinfo.com klaten - menurut data dinas kesehatan kabupaten klaten , suspect demam berdarah di kabupaten klaten sangat tinggi , bisa mencapai 420 kasus .hal tersebut disampaikan oleh dokter Anggit Budiarto, selaku kabid pencegahan dan pengendalian penyakit dinkes klaten,  kepada awak media beberapa hari yang lalu. Dokter anggit mengatakan jika  hingga minggu terakhir bulan juni 2019,  kasus yang ada sekitar 178 kasus dengan angka kematian 5 orang .

dibanding beberapa kota di kodya Surakarta,  kabupaten klaten tergolong kabupaten dengan suspect demam berdarah naik yang normal  dan di tingkat jawa tengah masih tergolong kenaikan yang normal juga .

“Di bandingkan tahun lalu,  kasus demam berdarah di klaten meningkat ,  dimana tahun lalu sekitar 20 kasus,  namun tahun ini sudah ada sekitar 178 kasus demam berdarah” kata dokter anggit Budiarto.

dokter anggit menambahkan ,  kasus demam berdarah ,  menurut paradigma masyarakat ,  itu secara klinis, di tingkat medis belum tentu terdiagnosa sebagai demam berdarah . jadi yang bisa dinyatakan demam berdarah itu berdasarkan diagnosa elektronik .

“ saat masuk rumah sakit , awalnya gejala demam berdarah , setelah dirumah sakit dilakukan pemeriksaan penunjang , ketika hematokritnya secara serial diperiksa setiap 8 jam  naik 20 persen  . ketika trombositnya turun  dibawah angka 100, namun hematokritnya dibawah angka 20, tidak dikatakan sebagai  demam berdarah “kata dokter anggit.

hal yang terpenting mengantisipasi penyebaran demam berdarah , adalah pemberantasan sarang nyamuk . Dinas kesehatan sudah mengerahkan petugas jumantik , hingga ke tingkat desa . pemerintah mengharapakan peran serta warga masyarakat , untuk ikut aktif bersama kades kesehatan di masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk .(h-d)


Lebih baru Lebih lama