Bersih desa, warga Soran gelar wayang kulit




Kasihinfo.com Klaten - Warga  soran , desa duwet , ngawen klaten jawa tengah, selasa malam, (13 /8/19) menyelenggarakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk , dengan lakon barotoyudo dengan oleh dalang ki kusni kesdik kasdalamono. pagelaran wayang kulit diselenggarakan dalam rangka bersih desa sebagai ucapan syukur atas rahmat dan rejeki yang diterima oleh warga setempat .

Pagelaran wayang kulit diawali dengan penyerahan tokoh wayang kulit , oleh kepala desa duwet , suyono , kepada dalang ki kusni kesdik kasdolamono.  pementasan wayang kulit sendiri sudah menjadi agenda rutin yang selalu didelenggarakan oleh dukuh setempat .

Suyono  mengatakan , selain sebagai rangkaian bersih desa,  pagelaran wayang ini diselenggarakan juga sebagai wujud syukur kepada tuhan atas berkah yang selama ini diterima oleh warga. diharapkan dengan pagelaran wayang kulit ini  bisa sebagai media hiburan warga, sekaligus keikutsertaan warga setempat untuk terus melestarikan budaya yang ada , salah satunya wayang kulit.

“kegiatan bersih desa dengan penyelenggaraan wayang kulit ini sudah menjadi agenda rutin tiap tahunnya, bersamaan dengan rangkaian kegiatan hari raya Idul Adha 1440 H. pagelaran wayang ini  sebagai wujud syukur kepada tuhan atas berkah yang selama ini diterima oleh warga” kata kades duwet, suyono

Suyono menambahkan , jika selain wayang kulit, beberapa tradisi yang ada desa setempat akan tetap dilestarikan. dengan penyelenggaraan tradisi ini bisa menjadi ajang silahturahmi antar warga ,memupuk kegotong royongan , dan menjalin persatuan diantara warga.(h-d)

Lebih baru Lebih lama