Peduli budaya, Wankes adakan lomba pranatacara



Kasihinfo.com Klaten - Sebanyak 23 peserta ikut ambil bagian dalam lomba pranatacara yang diadakan Dewan Kesenian Kabupaten Klaten yang diadakan di Aula Broadband Learning Center (BLC)  Telkom Klaten yang berlokasi di timur Gedung RSPD Klaten, Jumat (9/8/2019).

Lomba pranatacara dibuka Ketua Umum Wankes Klaten yang diwakili Ketua 4 Wankes Klaten, H Wahyudi Martono SSos MM. Dalam sambutannya, Ketua 4 Wankes Klaten, H Wahyudi Martono SSos MM mengatakan, melalui lomba pranatacara membuktikan bahwa Wankes Klaten sangat peduli dengan perkembangan sastra Jawa di Kabupaten Klaten. Apalagi di Wankes Klaten mempunyai Komite Sastra Jawa yang tugasnya antara lain ikut berperan membantu pemerintah dalam melestarikan seni budaya Jawa seperti Sastra Jawa.


Dikatakan, Sastra Jawa telah menjadi bagian kehidupan masyarakat Jawa sejak dahulu kala, bahkan telah ada sejak peradaban orang Jawa di Pulau Jawa. Dalam lomba pranaracara ini setiap peserta diberikan kesempatan untuk menempatkan dirinya sebagai seorang pranatacara pada suatu acara seperti pada hajatan warga.
H Wahyudi Martono menyatakan, saat ini di Kabupaten Klaten sangat banyak warga yang mumpuni dalam bidang panacara, sehingga diyakini sastra Jawa di Klaten masih sangat bagus. Apalagi di Klaten ada pawiyatan yang khusus mempelajari kepranatacaraan seperti Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) dan Wankes Klaten sendiri juga mempunyai Komite Sastra Jawa yang bertugas melestarikan  dan mengembangkan Sastra Jawa.

Sementara itu Ketua Komite Sastra Jawa Wankes Klaten, Lanjar Puryanto dalam laporannya mengatakan, peserta lomba panatacara merupakan perwakilan dari kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten. Adapun dewan juri lomba pranatacara masing-masing  H Ngadi SPd MPd guru Bahasa Jawa SMPN 2 Klaten, Ki Sumanto selaku dwijo Permadani Klaten dan Ki Sunardi dosen Bahasa Jawa Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten.
Lanjar Puryanto mengungkapkan, melalui lomba panatacara ini Wankes Klaten mempunyai tujuan untuk melestarikan seni budaya Jawa di Kabupaten Klaten. Melalui lomba panatacara diharapkan Sastra Jawa di Kabupaten Klaten semakin berkembang dan masyarakat semakin senang dengan Sastra Jawa dengan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. (Bagian Humas Setda Klaten)
Lebih baru Lebih lama