Momentum kurban, untuk tingkatkan kerukunan antar umat beragama




Kasihinfo.com Klaten - Hari ini Umat Muslim melaksananakan penyembelihan hewan kurban , dalam rangka  hari raya Idul Adha 1440 H dan momentum inilah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memupuk dan meningkatkan kerukunan antar umat beragama. Pasalnya tidak hanya umat muslim saja yang terlibat, banyak juga warga non muslim yang terlibat dalam pelaksanaan penyembelian hewan kurban , sebagai wujud kerukunan antar sesama .

Seperti yang terlihat di perumahan Griya Sendang Asri ,kelurahan Mojayan ,Klaten Tengah minggu pagi, 11 agustus 2019. sejak pagi warga setempat melakukan penyembelihan hewan kurban bertempat di masjid At-Taqwa yang berada di komplek perumahan Griya Sendang Asri . untuk tahun ini hewan yang disembelih sebanyak 2 ekor sapi dan 3 kambing.

Ada hal menarik yang terlihat di tempat penyembelihan hewan kurban tersebut, pasalnya tidak hanya umat muslim saja terlibat dalam  penyembelihan , namun umat non muslim juga ikut terlibat dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban .


Menurut ketua takmir, Arif Islamy mengatakan,  sudah menjadi agenda rutin , saat pelaksanaan kurban,  umat non muslim selalu membantu dalam proses penyembelihan, baik dari bapak-bapak,  ibu-ibu hingga para pemuda. Ia mengatakan  jika kurban merupakan kedekatan  dan kedekatan sendiri ada vertikal maupun horizontal. kedekatan vertikan yaitu kedekatan umat muslim kepada Tuhan atas kerelaan untuk berkurban,  sedangkan kedekatan horizontal merupakan kedekatan kepada sesama,  tanpa membeda bedakan agama.

“ kerukunan antar umat Beragama menjadi pemandangan yang biasa di kampung kami mas, sudah berlangsung cukup lama. Kita sesama warga selalu bantu membantu tanpa membeda bedakan agama. Salah satunya saat ini, keterlibatan umat non muslim dalam membantu pelaksanaan penyembelihan hewan kurban” kata Arif Islamy.

Arif menambahkan , jika momentum kebersamaan seperti ini akan terus dipupuk, sehingga kerukunan  antar umat beragama akan selalu terjaga di perumahan setempat .

Sedangkan menurut ketua panitia Suranto mengatakan nantinya dalam pembagian daging qurban , panitia setempat  menggunakan bungkus yang ramah lingkungan  , sesuai dengan himbauan yang di berikan oleh pemerintah kabupaten klaten .

Salah satu warga, Untoro menyambut baik, atas kebersamaan antar umat beragama selama ini di wilayah setempat. Harapanya, kebersamaan ini akan terus dipupuk dan terjalin dengan kuat, sehingga kerukunan antar umat beragama akan terus terjalin dan terjaga, sekaligus memberikan pelajaran bagi generasi penerus untuk terus menjaga kerukunan tanpa membeda bedakan agama.(hd)


Lebih baru Lebih lama