Meriahkan malam Idul Adha dengan takbir keliling




Kasihinfo.com Klaten - Kemeriahan malam Idul Adha jelas terlihat di desa Sribit, kecamatan Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. ratusan santri tpa menggelar tradisi takbir keliling dengan jalan kaki menyusuri kampung, sambil menggemakan takbir.

Hal ini merupakan salah satu cara yang dilakukan para santri, untuk memeriahkan malam idul adha 1440 H, dengan berkeliling kampung setempat, sambil membawa berbagai alat musik, mulai dari drum band, kentongan,  hingga berbagai peralatan sehingga menjadikan suasana semakin meriah, sambil memekikkan gema takbir.

Menurut salah satu panitia takbir keliling, syaifudin mengatakan , tradisi takbir keliling seperti ini, rutin dilakukan setiap malam idul adha, sekaligus untuk menjalin ukhuwah islamiyah antar santri tpa. selain itu juga untuk menghindari takbir dengan kendaraan bermotor yang beresiko cukup berbahaya di jalan.


“dengan diselenggarakan takbir keliling dengan berjalan kaki, otomatis akan mengurangi warga setempat yang melakukan takbir keliling dengan menggunakan sepeda motor, pasalnya takbir dengan kendaraan bermotor yang beresiko cukup berbahaya di jalan” kata syaifudin.

usai takbir keliling jalan kaki, para santri dihibur dengan mendongeng.(r-a)


Lebih baru Lebih lama