Bersih Desa, Pemdes Bogor gelar Wayang Kulit


Kasihinfo.com Klaten-Pemerintah Desa Bogor, kecamatan Cawas,  menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk. Pentas tersebut diadakan dalam rangkaian bersih desa, Sabtu (28/9/2019) malam.

Digelar di jalan depan kantor desa, pentas wayang kulit menghadirkan dalang Ki Anom Surono yang memainkan lakon Semar mBangun Kayangan. 

Pagelaran wayang kulit  ini diawali penyerahan tokoh wayang kulit dari Kepala Desa Bogor, Joko Riyanto kepada dalang Ki Anom Surono. Penonton acara ini membeludak. Ratusan warga memadati tempat digelarnya pertunjukan.

Kepala Desa Bogor, Joko Riyanto menjelaskan, acara malam ini merupakan puncak bersih desa, setelah sebelumnya berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan. Misalnya sholat meminta hujan dan doa bersama agar segera turun hujan mengingat musim kemarau panjang.

Dikatakan Joko Riyanto, selain wujud syukur, bersih desa diharapkan menjadi salah satu upaya untuk melestarikan budaya Jawa  dan menguatkan keanekaragaman, bersifat nasionalisme serta menguatkan nilai-nilai gotong-royong. 

Dia menegaskan, pagelaran wayang kulit ini merupakan bagian untuk ikut serta berpartisipasi dalam melestarikan budaya bangsa, sekaligus sebagai wujud kecintaan terhadap keberadaan suku, adat, seni, dan budaya yang ada di daerah, khususnya suku Jawa. upaya pelestarian warisan leluhur sehingga kedepan bisa menjadi agenda rutin tahunan. (jat) 
Lebih baru Lebih lama