Peduli lingkungan, Unwidha lakukan penghijauan Hutan Rakyat



Kasihinfo.com Klaten - Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Universitas Widyadarma Klaten, Kamis pagi, 12 september 2019, melakukan gerakan program penghijauan di hutan rakyat, yang berada di bukit Tugurejo, Desa Winong, Kecamatan Bayat Klaten Jawa Tengah .

Kegiatan penghijauan dengan system infus air ini dipimpin langsung oleh Rektor Unwidha, Profesor Triyono, Beserta Pembantu Rektor III, Camat Bayat , Kades winong , perwakilan mahasiswa baru dan masyarakat sekitar.


Menurut Profesor Triyono, gerakan penghijauan ini merupakan salah satu agenda kegiatan dalam PKKMB, yaitu  pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru, dengan tema “menjadikan mahasiswa yang berkarakter, kreatis, inovatif, dan bertanggung jawab”.

“kegiatan ini bagian dari upaya menjaga kelestarian alam dan sarana edukasi tentang pendidikan karakter bagi para mahasiswa baru di Unwidha Klaten. salah satu komponen pendidikan karakter yang diajarkan yakni rasa empati, peduli dan jiwa tolong menolong”. Kata Prof Triyono

Menurutnya, Hutan memiliki fungsi klimatologis atau mengatur iklim, Dengan adanya hutan, maka kelembaban dan suhu udara bisa tetap stabil dan tetap terjaga. Selain itu, hutan juga berfungsi mengurangi tingkat penguapan air di dalam tanah, dari fungsi hidrologis, yaitu berperan sebagai penyimpan air kemudian mengatur peredarannya dalam bentuk mata air. Banyaknya jumlah pepohonan yang terdapat di dalam hutan akan menaikan jumlah suplai oksigen cukup besar guna keberlangsungan kehidupan.

Daerah yang memiliki area hutan cukup luas pasti akan terasa lebih sejuk, asri dan juga sehat. Hal ini dikarenakan gas beracun yang mengancam kesehatan manusia jika dihirup seperti hasil proses industri akan diserap oleh hutan. Semakin luas areal hutan yang ada maka semakin banyak juga daya serapnya terhadap karbon dioksida

“Melihat betapa besar fungsi hutan bagi kehidupan sekarang dan masa yang akan datang, gerakan penghijauan ini perlu kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan. Salah satunya dengan gerakan penghijauan seperti sekarang ini”.

Camat bayat, edi purnomo menyambut baik  atas kegiatan penghijauan yang dilakukan di hutan rakyat ini, sehingga kelestarian hutan yang ada diwilayah bayat tetap lestari.

“diharapkan kegiatan semacam ini terus dilakukan oleh berbagai pihak , agar hutan yang ada tetap lestari, pasalnya warga masyarakat sekitarnya lah yang akan menikmati manfaatnya”kata pak camat.(h-d)


Lebih baru Lebih lama