Ribuan warga berebut kue apem suro



Kasihinfo.com Klaten -  Ribuan  warga mengikuti tradisi sebar apem yang dilaksanakan di komplek makam , setrodiprajan jetis padoan, desa bulurejo, juwiring, klaten,  jawa tengah.  ratusan kue apem bersama wayang kulit diarak oleh sejumlah tokoh masyarakat ,  keliling desa menuju makam pepunden. usai dikirap kue apem selanjutnya disebarkan kepada warga.
ratusan kue apem  disebar di atas dua menara dalam peringatan malam suro di komplek makam .  tak hanya orang tua,  wanita dan anak-anak ikut berdesakan dan berebut kue apem yang dipercaya  membawa berkah.
“Tradisi sebar apem ini sendiri dilakukan para warga setiap tahun untuk memperingati bulan suro yang digelar setiap tahunnya ,  sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah dan rejeki yang  melimpah dari tuhan” kata subowo salah satu panitia tradisi suro.
“ tadi saya berhasil mendapatkan ape mini, dimana ini merupakan berkah. Ini menngambarkan sebuah rejeki juga harus dilakukan dengan berusaha untuk mendapatkannya, seperti tadi saya harus berebut demi sebuah apem” kata salah satu warga setempat  margowilopo
Tradisi peringatan malam suro ini juga digelar pentas wayang kulit semalam suntuk dengan lakon pandowo maneges oleh dalang bayu aji. (s-p)


Lebih baru Lebih lama