Hari wayang sedunia, wankes gelar pentas seni kolaborasi wayang sandosa




Kasihinfo.com Klaten - Dalam rangka memeriahkan hari wayang sedunia tahun 2019, kamis malam ,7 november 2019 Dewan Kesenian (wankes) kabupaten klaten menggelar pentas seni kolaborasi wayang sandosa dengan lakon kidung asmoro darmo.  

Pementasan seni kolaborasi wayang sandosa dengan lakon kidung asmoro darmo , petikan karya dari serat ramayana di alun-alun klaten. Pada pentas wayang sandosa, wankes klaten membuat tiga pangung utama yang dibuat menyatu.  Panggung sisi utara untuk kelir wayang,  beserta pengrawit , kemudian di tengah ada panggung utama untuk sinden dan atraksi tari dan sisi selatan ada panggung untuk kelir wayang, dalang kedua dan kru karawitan kedua.

Ketua harian Dewan Kesenian klaten, fx setyawan mengatakan ,  hari wayang sedunia kali ini,  wankes klaten mengangkat tema, “dengan  spirit wayang kita wujudkan tatanan, tuntunan dan tontonan bagi masyarakat klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing’’.

Pentas seni kolaborasi wayang sandosa melibatkan 100 seniman lintas usia dan lintas seniman seperti seniman pedalangan, karawitan, sinden, kethoprak, tari,  dan seniman multimedia.

 “pentas seni kolaborasi wayang sandosa ini sebagai rangkaian peringatan hari wayang sedunia, setidaknya melibatkan 100 pelaku seni. Hal ini juga selaras dengan tujuan pemkab klaten untuk mewujudkan klaten kota dalang. menurut data terakhir , di klaten ada sekitar 300 dalang , sedangkan untuk dalang anak ada sekitar 45 dalang” kata setyawan.

Menurut salah satu warga bayat , yang saat ini menjabat sebagai camat juwiring, herlambang mengatakan,  perkembangan seni wayang dan pedalangan di Klaten sendiri beberapa tahun terakhir sangat pesat .  terlihat semakin banyak munculnya dalang-dalang muda,  serta banyak improvisasi dan kolaborasi  dalam pementasan.

“beberapa tahun terakhir, seni wayang dan pedalangan di klaten cukup berkembang. Selain banyak regenerasi dalang, khusunya dalang anak, juga terlihat banyak pementasan seni wayang kulit di berbagai tempat di klaten. Sebagai pecinta seni saya berharap, seni wayang kulit terus berkembang, lebih bagus lagi terus berinovasi, agar tidak ditinggalkan warga masyarakat” kata herlambang.

Sebelumnya , perserikatan bangsa-bangsa  (PBB) melalui badan pendidikan dan kebudayaan unesco menetapkan wayang asli indonesia sebagai warisan budaya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur dan pemerintah indonesia menetapkan 7 november sebagai hari wayang nasional (h-d)





Lebih baru Lebih lama