Lestarikan Seni Tradisi, Wankes Cawas Gelar Kirab Budaya Purna Warsa 2019



Kasihinfo.com Cawas - Bertajuk Kirab Budaya Purna Warsa (KBPW) 2019, pada jumat malam, 20 desember 2019, Dewan Kesenian Cawas (Wankes Cawas) mementaskan seni budaya di lapangan desa Bawak,  kecamatan Cawas, KLaten Jawa Tengah.

Kirab Budaya Purna Warsa ini menampilkan 5 seni tradisi, yaitu Wayang Srawung yang dimainkan Ki Mbilung, Hadroh Istiqomah dari Dukuh Krajegan Gowangsan (Desa Bawak). Gejog Lesung Srikandi Laras dari Dukuh Jatirogo, Desa Ringin Putih, Kecamatan Karangdowo, Tari Sinden Dingklik dari Komunitas Lintas Iman, dan Jathilan Arum Budaya dari Desa Barepan, Kecamatan Cawas.

Disela pelaksanaan kirab budaya, Ketua Dewan Kesenian Kecamatan Cawas Jimbling Supriyadi mengatakan, Kegiatan kirab budaya purna warsa tahun 2019, ini merupakan salah satu media , langkah dan tanggung jawab dewan kesenian Cawas dalam rangka  “nguripke(menghidupkan), ngirabke(melestarikan) lan ngurupke(menampilkan)”.budaya yang ada.

“setidaknya ini adalah tanggung jawab kami selaku dewan kesenian sekaligus pelaku seni dalam upaya nguripke, ngirapke dan ngurupke seni tradisi yang ada di sekitar mas” kata jumbling.
Jumbling menambahkan, jika ada dua harapan yang ingin disampaikan oleh dewan kesenian Kecamatan Cawas. untuk yang pertama, berharap pemerintah setempat lebih focus, salah satunya pemerintah mendorong agar kesenian yang dimiliki di tiap-tiap kecamatan agar di munculkan di setiap kecamatan masing-masing, tidak hanya dimunculkan di wilayah pusat kota klaten saja.

Untuk harapan yang kedua, dikarenakan saat ini masyarakat pada umumnya merasakan haus akan hiburan, mau tidak mau hiburan yang berasal dari manca negara menjadi hiburan sehari-hari warga masyarakat, dan hal tersebut menjadikan seni tradisi yang ada menjadi tersisih.

“ hal inilah yang menjadi tantangan dan tanggung jawab, para pelaku seni atau seniman untuk mengangkat kembali seni tradisi yang ada” tegas Ketua Wankes Cawas tersebut.
Sedangkan dalam sambutanya, sekretaris  dewan kesenian kabupaten klaten, Djoko Sarjono memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih, atas kirab budaya yang diadakan wankes Cawas .

“selaku pribadi dan dewan kesenian, kami mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kirab budaya ini, ke depannya akan diperbanyak festival seni di daerah, dan tidak hanya terpusat di klaten kota, sehingga seni tradisi yang ada di desa akan terus lestari dan berkembang” kata djoko sarjono.

Dalam sambutan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang dibacakan oleh Plt Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Wahyu Prasetyo menyatakan, pemkab klaten terus berkomitmen mengembangkan dan melestarikan berbagai seni tradisi yang ada di kabupaten klaten.(h-d)

Lebih baru Lebih lama