Novi Wahyuningsih, Kenalkan Warga Klaten, Peluang Bisnis Berbasis IT



Kasihinfo.com Klaten - Diera digital kali ini, peluang bisnis semakin luas dengan perkembangan jamannya. Seorang alumni Universitas Gajah Mada, UGM Yogyakarta,baru baru ini menciptakan aplikasi berbasis digital, hingga berbentuk sebuah koperasi.
Adalah Novi Wahyuningsih, Wanita kelahiran kebumen ini mengembangkan aplikasi bisnis berbentuk koperasi konsumen wahyu global cakrawala atau dengan istilah koperasi milenial. Koperasi milinial tersebut dikenalkan terhadap masyarakat klaten melalui seminar berbasis bisnis berbentuk koperasi, di hotel grand tjokro klaten jumat malam, 20 desember 2019.
Novi menjelaskan saatnya kini membangun ekonomi kerakyatan dengan koperasi yang berinovasi bisnis berbasis it. Seminar yang menitik beratkan pada edukasi crowdfunding for business and investment itu berhasil menarik minat masyarakat, terbukti banyak yang hadir dalam seminar yang digelar secara gratis ini seperti dari wilayah klaten, boyolali dan yogjakarta.

Saat ini koperasi wahyu global cakrawala hanya menjual 100.000 paket saham pra ipo. Novi berharap aplikasi nya kelak bermanfaat dan bisa menjadi raja di negeri sendiri. Melalui pt. Callind cakra nusantara yang berdiri sejak januari 2016, koperasi konsumen wahyu global cakrawala hadir menjawab tantangan kebutuhan komunikasi di era digital saat ini. Produk yang telah dihasilkan adalah cakratalk, kondangin, belajar holic, glowis, beli pangan, mediscall dan ayober. 

Produk ini merupakan produk digital yang dibuat untuk menjawab tantangan bagi bangsa indonesia terkait aplikasi karya anak bangsa indonesia. Produk ini dapat menjadi hak milik anggota koperasi dengan berpartisipasi sebagai pemiliki saham.  Menurut dia, startup yang dikembangkan tersebut sangat cocok untuk diikuti oleh kalangan milenial.

“Cakratalk yang sebelumnya bernama callind ini, hanya dalam waktu lima bulan hampir mencapai 1 juta pengguna, satu member penabung 550 ribu maka dengan jumlah 100.000 member akan mencapai 50 miliar dan seterusnya”katanya.
Konsep koperasi konsumen wahyu global cakrawala, setiap calon anggota koperasi akan menerima penawaran atas 10% saham pra ipo 55 milyar, lalu koperasi akan memecah menjadi 100.000 paket saham pra ipo.

"koperasi menjual saham pra ipo kepada anggota atau calon anggota. Dimana per paket harga saham pra ipo adalah 550.000 rupiah," jelas novi usai acara kepada wartawan.

Untuk membeli paket saham pra ipo wajib menjadi anggota koperasi dulu baru beli saham nya. Syarat menjadi anggota koperasi adalah memiliki KTP indonesia, dan membayar administrasi.
Selain keuntungan jual beli saham pra ipo setiap tahun nya ketika koperasi mengalami keuntungan maka shu tahunan juga akan dibagikan ke anggota.

Sementara itu , kepala dikominfo klaten Amin Mustofa mengapresiasi langkah bisnis berbasis digital. Pasalnya, di era sekarang ini tidak menutup kemungkinan masyarakat membutuhan bisnis seperti itu.
Pihaknya menambahkan, dengan munculnya inovator kreatif yang peduli kesejahteraan masyarakat seperti keberadaan koperasi ini harus didukung. Sebab, program ini dalam mewujudkan klaten smart city
“Tentunya, keberadaan aplikasi ini dapat diterima masyarakat klaten/untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat “ ungkapnya.

Lebih baru Lebih lama