Sengat Warga Cawas, Relawan Musnahkan Sarang Tawon


Kasihinfo.com klaten - Semakin merebaknya tawon vespa Affinis, berbagai operasi tangkap tawon(OTT) terus dilakukan di wilayah Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

OTT yang melibatkan relawan peduli masyarakat (RPM) dilakukan di dukuh Tukuman,  desa Plosowangi, Cawas Klaten rabu malam,  (11/12/2019).

OTT dilakukan menyusul adanya warga setempat bernama Wahyu Sri Wahyono disengat tawon pada kaki bagian kanan.

Sebelumnya wahyu yang hendak berangkat kerja,  menginjak seekor tawon dengan kaki kanan.  Kemudian ia langsung ke klinik kesehatan PKU Muhammadiyah cawas untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Setelah mendapat perawatan, korban sengatan, Wahyu diperkenankan kembali ke rumah.

"Sebelumnya dilakukan penyisiran beberapa rumah tetangga, ditemukan Sarang tawon tersebut di atap rumah warga Samino,"kata Wahyu.

Sementara itu salah satu relawan RPM Eko Santosa mengatakan lebah vespa Affinis merupakan binatang yang berbahaya apalagi sarangnya seringkali di dekat pemukiman. koloninya membesar, relawan upayakan memusnahkannya, dalam beberapa bulan ini telah ada 150  sarang tawon yang di eksekusi.

Selain lebah vespa Affinis, komunitas RPM  juga melakukan eksekusi hewan liar berbahaya yg masuk kerumah warga diantaranya Ular kobra.

"Penanganan dilaksanakan pada malam hari namun lebah dibuat pingsan dulu menggunakan pertalite, sehingga mudah di unduh lantas dibakar,"pungkasnya.(ari)
Lebih baru Lebih lama