Percepat penanganan bencana, Pemkab Boyolali dirikan Posko terpadu penanggulangan bencana


 
Wakil Bupati Boyolali M said Hidayat saat pimpin cek peralatan kesiapan kebencanaan
Kasihinfo.com Boyolali - Masyarakat boyolali diminta untuk waspada di puncak musim penghujan selama dua bulan kedepan. selain bencana banjir, tanah longsor juga masih mengintai diwilayah lereng pegunungan merapi merbabu.

Selama dua bulan kedepan pemkab boyolali lebih bersiap dalam menghadapi bencana yang dimungkinkan terjadi diwilayah yang berada di bawah gunung merapi merbabu . posko penanggulangan bencana juga telah didirikan di bpbd boyolali, posko ini untuk menindaklannjuti laporan dari masyarakat tentang adanya potensi bencana dan penanganan bila terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor hingga bencana merapi di kabupaten boyolali.

Bpbd boyolali juga telah mempersiapkan berbagai logistic, baik  peralatan evakuasi dan logistik bantuan. bpbd boyolali menghimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi longsor di jalur solo-selo-borobudur ( ssb ) yang rawan terjadi longsor.

“ sesuai perintah bupati boyolali, bahwa per 1 januari hingga 10 februari 2020, diadakan posko terpadu, gunna mewaspadai daerah rawan dimana sudah dilakukan pemetaaan, seperti bencana banjir yang sering terjadi di kecamatan banyudono, juwangi dan kecamatan sawit. sementara itu, bencana kebakaran yang kerap terjadi di kecamatan juwangi. bencana gunung merapi ,tanah longgsor di kecamatan selo, cepogo,ampel dan musuk” Kata kurniawan fajar prasetyo,  kabid kedaruratan dan logistik bpbd boyolali .

Sementara wakil bupati boyolali dalam apel siaga penanggulangan bencana meminta seluruh instansi terkait baik bpbd, tni, polri, pmi dan unsur lainnya untuk tanggap bencana. meski tidak berharap terjadi bencana , wabup memastikan pemkab boyolali siap dalam penanganan bencana .

“upaya penanggulangan dan kesiap siagaan terhadap bencana terus kami lakukan, salah satunya dengan keberadaan posko tersebut, nantinya lewat posko terpadu ini dapat melakukan pengamatan, serta penentuan langkah langkah disaat terjadi sebuah bencana” ungkap wakil Buapati Boyolali m said hidayat.(jk)

Lebih baru Lebih lama