Perekonomian desa terdampak covid-19



Kasihinfo.com kalikotes - Dampak dari covid-19 ini bukan cuma di kesehatan, juga berdampak pada roda perekonomian yang dirasakan oleh masyarakat, serta bumdes yang dikelola pemerintah Desa.

Seperti yang diungkapkan kades Kalikotes Ponidi Selasa 14/4/2020 di ruang kerjanya ketika ditemui awak media mengatakan dampak darurat corona ini berdampak terkait kegiatan perekonomian masyarakat terutama pengelolaan bumDes wisata bumi perkemahan Tirta Mulya yang ada di desa Kalikotes.

Sebenarnya di bulan Maret dan April sudah ada yang booking tempat  bumi perkemahan tersebut, ada enam sekolah salah satunya ada dari luar Klaten. Lanjut Ponidi

Dari enam sekolah yang sudah booking itu semua di pending untuk sementara ini jadi belum ada pemasukan bumDes nya, sementara pasar tradisional yang selama ini ramai baik pedagang maupun pembeli berkurang tapi tetap di adakan tempat cuci tangan serta untuk memakai masker baik pedagang dan pembeli. Pungkas Ponidi

Tri Maryani Kades Ngemplak Kalikotes turut mengungkapkan bahwa di internal keuangan desa luar biasa dampaknya terkait dengan covid-19 ini, dana desa belum bisa dialokasikan karena memang sudah tidak mencukupi.

Namun tetap diusahakan bagaimanapun caranya agar semua bisa berjalan  yang terpenting keadaan desa tetap bisa mengupayakan. Lanjut Maryani

Secara global kondisi ekonomi masyarakat di desa Ngemplak relatif stabil walaupun ada kendala dengan keadaan seperti ini warga tidak banyak mengeluh.

Karena kami kata Maryani yang dituakan di desa Ngemplak akan berusaha untuk bisa melindungi tanpa harus minta kita sudah tahu harusnya.

Mungkin warga pekewuh (jw) tidak enak hati karena kondisi dari dampak corona yang dirasakan bersama, terkait hal tersebut pihak pemdes rencana akan membagi sembako kurang lebih 100 paket bagi yang terdampak covid-19 ini. Tutupnya (f-t)
Lebih baru Lebih lama