Gandeng Unwidha, Polres Klaten cari tau Persepsi Masyarakat tentang layanan dan kinerja Polri


Kasihinfo.com Klaten - bekerja sama dengan Universitas Widya Dharma ( Unwidha ) Klaten, Polres klaten menyelenggarakan Implementasi Indek Tata Keloka Online (ITK-O ) Kepolisian Resort Klaten Kamis (28/5/2020) .

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo, S.I.K, M.I.K mengatakan bahwa kegiatan pengambilan data tentang implementasi Indek Tata Kelola Online Polri ini dimaksudkan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang layanan dan kinerja Polri selama ini di masyarakat.

 “Seberapa jauh efektifitas merupakan ketercapaian target dan tujuan sesuai dengan perencanaan Satker/Polres dengan indikator efektivitas penggunaan teknologi informasi untuk pelaporan dan pelayanan Kepolisian, efektivitas operasi kepolisian dalam penurunan angka kriminalitas, kecelakaan, nilai kinerja Satker/Polres sebagai kesatuan organisasi maupun kinerja masing-masing personel, Efektivitas pelaksanaan tugas Polres dan hubungan dengan stakeholders.” Ujar Kapolres.

Rektor Unwidha Klaten, Prof.DR.H.Triyono.M.Pd menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Implementasi Tata Kelola Polri juga mencakup prinsip perilaku yang mencakup sikap dan tindakan personel dan pejabat Polres maupun Polres secara organisasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dalam menjalankan tugasnya dengan indikator kedisiplinan dan Independensi pelaksanaan tugas dan kewajiban, Sistem pencegahan penyimpangan korupsi/gratifikasi, Tingkat perilaku koruptif dan pelanggaran kode disiplin, kode etik, pidana yang dilakukan oleh personel dan Keberadaan wilayah /zona integritas.

” Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa prinsip transparansi merupakan kondisi dimana informasi Satker/Polres dapat diakses oleh public dengan indikator adanya kemudahan masyarakat mendapatkan informasi mengenai pelayanan yang diberikan oleh Polres, Kemudahan masyarakat mendapatkan informasi dan data-data publikasi Polres, Transparansi informasi personel/SDM dan Keterbukaan informasi proses pelayanan/penanganan kasus dan pengaduan masyarakat.” katanya.

Kegiatan pengambilan data implementasi Indek Tata Kelola Online (ITK-O) ini menurut Triyono mengambil 2 responden yakni responden internal dan responden eksternal masing-masing sekitar 50 orang.

Kegiatan tersebut dapat berjalan dengan tertib dan lancar dengan dihadiri oleh toga tomas serta jajaran Forkompinda Klaten.(ist)
Lebih baru Lebih lama