UMY Yogyakarta Sumbang 500 Piece Faceshild Bagi Penanganan Corona Klaten


Kasihinfo.com Yogyakarta -  Program UMY Mengabdi, Rektor Universitas Muhammadiyah  Yogyakarta Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IMP menyumbangkan 500 piece alat pelindung diri berupa faceshild atau pelindung wajah untuk percepatan penanganan covid 19 di Kabupaten Klaten. Bantuan diterima langsung Kepala Bagian Humas Setda Klaten Wahyudi Martono bertempat di Halaman Sekretariat Rektorat UMY Yogyakarta (Kamis,14/05/20).

"Pemerintah Kabupaten Klaten menjadi kabupaten/kota pertama yang menerima bantuan faceshild buatan Fakultas Teknik Mesin UMY. Kami merencanakan mencetak 10.000 piece untuk disumbangkan bagi rumah sakit termasuk polri sekitar yang resiko pekerjaan rawan terpapar penyakit termasuk virus cofid 19" terang Gunawan Budiyanto.

Didampingi Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr Ir Sukamto MT IPM, Projects Leader Pembuatan Faceshild Ir Cahyo Budiyantoro ST,M.Sc IPM dan Kepala Program Studi Teknik Mesin Dr Berli Paripurna Kamiel M.Eng SC P.Hd, Rektor UMY  menambahkan bahwa pandemi covid 19 ini banyak menghentikan banyak sendi kehidupan tapi tidak boleh menghentikan kreativitas. Selain anti pecah, lingkar kepala yang disempurnakan dengan dua lapis memudahkan dokter atau tenaga medis mudah bergerak sehingga lebih nyaman.
Sedangkan Projects Leader Pembuatan Faceshild Cahyo Budiyantoro menambah proses produksi APD ini tidak butuh waktu lama karena mesin dan alat cetak sudah ada di laboratorium kampus.

"Untuk cetak mesin faceshild hanya butuh waktu 50 detik.Kalau berikut pasang mika,membutuhkan waktu 5 menit. Faceshild ini ada dua versi yakni versi putih dan warna warni. Beratnya pun sangat ringan, hanya 30 gram sehingga nyaman dipakai" kata Cahyo.

Wahyudi Martono kepada rektor UMY Yogyakarta dan pers mengungkapkan terimakasih dengan faceshild ini sangat membantu tenaga medis dalam menangani covid 19 di Kabupaten Klaten.

"Berdasarkan data, faceshild yang dimiliki Dinas Kesehatan Klaten tinggal 65 buah. Sedangkan penanganan covid 19 masih terus berjalan. Faceshild ini nanti akan digunakan untuk tenaga medis RSD Bagas Waras dan 34 puskesmas yang ada. Pemerintah Kabupaten Klaten sangat berterimakasih kepada Rektor UMY dan jajaran nya yang membantu dalam menangani pandemi covid 19. Sesuai tugas kami sebagai insan kehumasan membangun komunikasi dan kemitraan dengan lembaga mana pun untuk penanganan masalah-masalah pemerintah. Kemitraan dengan UMY Yogyakarta kedepan bisa ditingkatkan di bidang-bidang yang lain" jelas Wahyudi Martono.(joko priyono Dinas Kominfo Klaten)
Lebih baru Lebih lama