Unik, di Boyolali ada sekolah khusus burung



 Kasihinfo.com Boyolali - Sekolah tidak hanya berlaku bagi pelajar saja, namun juga berlaku bagi burung kicau. di boyolali ada sekolah khusus burung murai yang bertujuan agar burung dapat berkicau merdu.

U-T-J, murai boarding school. Yaitu sekolah khusus burung murai batu yang ada di boyolali . bukan sekolah seperti pada umumnya, di tempat ini puluhan burung berbagai jenis berjajar rapi dengan kicauan merdunya yang khas, yang nantinya bertugas sebagai mastering atau guru bagi burung murai.

Setiap pagi, rachmad dibantu sejumlah karyawannya sibuk merawat burung yang sedang hits di kalangan penghobi kicau mania ini. mulai penjemuran, pemberian makan, pembersihan kandang sampai memandikan burung cantik ini.

Puluhan burung tersebut, merupakan burung titipan dari para penghobi kicau mania yang sengaja menyekolahkan burung murai miliknya di utj murai boarding school.

“ini berawal dari hobi dan kecintaan saya dalam memelihara burung sejak kecil dan hingga saat ini, telah berhasil mencetak burung murai batu berkualitas sehingga sejak tahun 2018 dipercaya para penghobi kicau mania untuk merawat burung burung dengan harga tinggi ini” katanya.

Di utj murai boarding school ini, ada dua ruang untuk pemasteran. satu ruangan khusus murai batu muda. sedangkan ruang lain untuk murai dewasa. di dalam masing masing ruang pemasteran tersebut, murai batu dilatih dan diberi isian suara suara masteran puluhan suara burung lain seperti kenari, kolibri, cucak jenggot, jala,  prenjak bahkan cucak cungok yang berasal dari cina, agar mempunyai variasi lagu atau kicauan yang merdu.

Saat ini rachmad saleh yang juga salah satu mahasiswa aktif di mahasiswa di universitas teknologi yogyakarta ini, tengah melatih hampir 50 murai muda dan dewasa, di rumahnya. agar bisa mengetahui karakter setiap burung murai yang ada. murai akan  di dirawat dan dilatih berkicau selama enam  bulan.

Bagi anda yang berminat menyekolahkan burung di utj murai boarding school, rachmad saleh mematok harga empat ratus ribu rupiah perbulan. meski di saat pandemi covid 19. Namun, dari bisnis yang digelutinnya ini, racmad bisa mendapatkan omzet mencapai puluh juta rupiah setiap bulannya. sampai sekarang para penghobi kicau mania yang datang ketempatnya, tidak hanya berasal dari wilayah jawa tengah dan DIY saja, melainkan jawa timur sampai jawa barat, bahkan sampai medan. (t-i)



Lebih baru Lebih lama