Jual beli di Pasar hewan Prambanan kembali normal



Kasihinfo.com klaten  - Pasar hewan prambanan,klaten kini mulai kembali normal,setelah mengalami penurunan sekitar 35 persen  dimasa pandemi korona. penurunan itu dilihat dari jumlah pedagang hewan sapi yang masuk ke pasar hewan setempat. setelah kembali normal,perhari rata rata sekitar 400 hingga 500 ekor sapi.    

Untuk mendekati perayaan hari raya idul adha tahun ini,hewan kurban mulai dicek kesehatannya oleh mantri hewanpengecekan dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan sapi yang akan digunakan untuk berkurban.

Menurut petugas teknis peternakan dinas pertanian  pasar prambanan, margito, pemeriksaan hewan kurban untuk sampai saat ini,belum ditemukan penyakit tuberculosis bagi hewan sapi.

“inimerupakan pemeriksaan rutin yang terus kami lakukan mas, namun menjelang Iduil Adha, pemeriksaan kami tingkatkan, untuk memastikan kesehatan hewan kurban” katanya.

Sementara untuk kenaikan harga hewan untuk kurban saat ini,sudah mengalami lonjakan. kenaikan harga hewan kurban mulai dari 1 juta hingga 2 juta rupiah. hewan sapi yang semula  15 juta kini mulai naik menjadi 16 juta sampai  18 juta rupiah. kenaikan harga tersebut diperkirakan hingga satu minggu sebelum hari H pemotongan hewan kurban.

Semenjak diberlakukan new normal, para pedagang hewan sapi dari berbagai daerah luar kabupaten klaten mulai masuk ke pasar hewan prambanan. para pedagang hewan tersebut kebanyakan berasal dari wilayah gunung kidul, wonogiri, kulonprogo serta dari wilayah sleman, Jogjakarta. (j-l)



Lebih baru Lebih lama