Kapolda Jateng, resmikan Kampung Siaga Candi di desa Nglinggi

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat melakukan pencanangan kampung siaga candi di desa Nglinggi, Klaten Selatan. Senin, (20/07/2020)

Kasihinfo.com Klaten - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi  melaksanakan program kerja pencanangan kampung siaga candi di desa Nglinggi kecamatan Klaten Selatan, senin, (20/07/2020).

Hadir dalam pencanangan kampung siaga Candi, Pangdam IV/Diponegoro diwakili Danrem 074 Warastratama Kolonel Inf. Rano Maxim Adolf Tilaar, Anggota Komisi 3 DPR RI dari Partai Nasdem Ibu Eva Yuliana, PJU Polda Jateng dan Kapolres Klaten beserta Forkompinda Kab. Klaten.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, sampai saat ini polda jateng sudah mempunyai 4.029 kampung siaga yang berfungsi salah satunya untuk adaptasi kebiasaan baru di pandemi covid-19.

kampung siaga candi di klaten ini didalamnya berisi antara lain ketahanan pangan khususnya pertanian dan perikanan. kapolda berharap, dengan adanya kampung siaga, bisa membuat adaptasi kebiasaan kehidupan baru, bagi masyarakat.

 “Di kabupaten klaten sendiri ada sekitar 401 kampung siaga, dan pencanangan secara simbolis dilakukan di desa Nglinggi, kecamatan Klaten Selatan ini. semua kegiatan nantinya dari, oleh dan untuk masyarakat, sedangkan Polisi dan TNI hanya sebagai fasilitator” kata kapolda.

Pencanangan Kampung Siaga Candi ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Jateng,yang disusul dengan pembacaan deklarasi Kampung Siaga Candi oleh Kades Nglinggi Sugeng Mulyani diikuti secara virtual oleh seluruh kades dan lurah di 26 kecamatan.

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap, keberadaan kampung siaga candi ini bisa membant dalam pencegahan penularan virus corona atau covid-19. Selain itu Kampung Siaga Candi 2020 juga bisa membantu mengamankan ketersediaan bahan pangan untuk warga dalam menghadapi pandemi covid-19.

Anggota Komisi 3 DPR RI dari Partai Nasdem Eva Yuliana menyampaikan apresiasi atas dicanangkannya Kampung Siaga Candi serta program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh jajaran Polda Jateng bersama TNI. Menurutnya program ini harus didukung semua pihak agar masyakat bisa bertahan dari efek kesehatan maupun ekonomi akibat pandemi covid-19 ini.

Usai melakukan pencanangan kampong siaga, Kapolda melakukan penebaran benih ikan sebanyak 40.000 ekor, di kolam yang berada di samping kantor desa setempat. Kemudian melakukan panen raya padi di desa ponggok, serta melakukan panen ikan di sentra budidaya ikan  desa nganjat, kecamatan polanharjo Klaten. (h-d)


Lebih baru Lebih lama