Bupati Klaten, Sri Mulyani Lakukan Panen Perdana Beras Merah di Demakijo


Bupati Klaten, Sri Mulyani,bersama dinas Pertanian,muspika Karangnongko, serta Kades Demakijo melaksanakan panen beras merah di Demakijo. Jumat,(28/08/2020).

Kasihinfo.com Karangnongko – Bupati Sri Mulyani melaksanakan panen padi  perdana jenis beras merah serta meresmikan Ruang Terbuka Publik (RTP) di desa Demakijo, Krangnongko, Klaten , Jawa Tengah, Jumat,(28/08/2020).

Bersama Dinas Pertanian,Muspika Karangnongko dan Pemdes Demakijo, Sri Mulyani melaksanakan panen padi, yang tidak jauh dari lokasi ruang terbuka hijau desa setempat.

“saya sangat mengapresiasi atas hasil panen perdana ini, karena beras merah mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Saya berharap, hasil panen jangan dijual dulu, namun dikembangkan, atau dibagikan ke petani  setempat untuk dijadikan benih dan dikembangkan, selebihnya bisa dijual” kata bupati.

Kepala Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Ery Karyatno mengatakan, kali ini panen padi jenis beras merah dengan seluas satu hektar. Dengan padi merah ini nantinya, selain dikembangkan untuk menjadi bibit padi merah, juga bisa dikembangkan menjadi produk unggulan, yang berbahan dasar padi merah.

Lahan pertanian di desa demakijo sendiri ada sekitar 78 hektar dengan jumlah petani sekitar 338 petani yang menggarap di lahan hamparan di desa Demakijo. Para petani berharap akan segera memiliki embung.

“ impian para petani setempat, untuk segera memiliki embung, agar pengairan untuk pertanian di desa setempat akan semakin lancar, guna mendapatkan hasil pertanian yang lebih baik” ungkapnya.

Menanggapi keluhan petani setempat yang disampaikan oleh kepala desa Demakijo, Ery Karyatno, tentang keberadaan pengairan untuk irigasi pertanian petani desa setempat dengan pembuatan embung, bupati Klaten Sri Mulyani akan menampung keluhan tersebut, dan akan menjadi masukan untuk penganggaran di tahun tahun selanjutnya, agar irigasi menjadi lancar untuk hasil pertanian lebih baik.

Sesaat peresmian RTP, bupati berharap, warga masyarakat dan pemerintah setempat merawat ruang terbuka publik tersebut. Untuk dilengkapi dengan  berbagai tanaman buah-buahan serta tanaman hias.

“ saya berharap RTP di rawat dengan baik, Tanami tanaman buah-buahan , sehingga tahun depan saya kesini bisa memanen buah-buahan di RTP ini” pungkas bupati.

Rangkaian acara di desa Demakijo tersebut di tutup dengan penyerahan sertifikat tanah Desa program PTSL tahun 2020, serta penyerahan bantuna dari Bupati kepada warga (yatim/piatu, difable, lansia)  yang disampaikan secara simbolis oleh bupati.(h-d)


Lebih baru Lebih lama