Joko Krisnanto, terpilih jadi sutradara ketoprak terbaik P4 tahun 1992


Kasihinfo.com Klaten - Ketua harian Dewan Kesenian Klaten,  FX Setyawan mengatakan, pengalaman berkesenian Almarhum Ki Joko Krisnanto antara lain dimulai 1989 sebagai pemain ketoprak Siswa Budaya, Sekar Budaya Prambanan, Ngudi Budaya Ngawi, Wata Budaya (Marwata Kawer), PS Bayu Gita Gati Yogyakarta dan pemain ketoprak Among Mitra Marsudi. Antara 1990-1992 sebagai pimpinan Ketoprak Tobong Langen Budaya di Klaten, 1991 pelatih ketoprak Karya Budaya dengan pemain perangkat desa se eks Kawedanan Gondangwinagun.

Kemudian, kata FX Setyawan, pada 1991 Almarhum Ki Joko Krisnanto menciptakan Wayang Babad berupa wayang lakon dan tokoh ketoprak yang karyanya sampai sekarang disimpan di Museum Ronggowarsito Semarang. Pada 1992 Almarhum Ki Joko Krisnanto terpilih sebagai juara 1 sutradara terbaik ketoprak P4 dan pada 1992 juga ditetapkan sebagai tenaga teknis teater daerah dan pada 1992 juga sebagai penyaji peragaan wayang langka dan baru atau wayang babad di di Museum Ronggowarsito Semarang.

Selanjutnya, kata FX Setyawan, pada 1993 Almarhum Ki Joko Krisnanto terpilih sebagai pemeran pria terbaik Festival Ketoprak Berbudi, pada 2000 mendirikan Kelompok Kerja Muda Teater Rakyat (KKMTR), 2004 terpilih sebagai anggota Komite Teater Wankes Klaten. Pada 2005 sebagai pembina dan pelatih ketoprak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Budaya Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten, 2007 terpilih sebagai sutradara terbaik festival ketoprak piala Gubernur Jawa Tengah.

Setelah itu, ujar  FX Setyawan, pada 2007 merintis Festival Ketoprak Pelajar (FKP) bersama Amigo Grup Klaten dan Wankes Klaten, 2010 mendirikan Sanggar Omah Wayang, 2011 mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Budayawan Ketoprak dari Bupati Klaten. Prestasi Almarhum Ki Joko Krisnanto lainnya pada 2012 menulis buku cerita rakyat Kajoran, 2013 menulis buku cerita rakyat Rawa Jimbung, 2015 sebagai narasumber Srandul Program Studi Tari Universitas Negeri Semarang dan sampai akhir hayat Almarhum Ki Joko Krisnanto telah melahirkan lebih dari 57 naskah lakon ketoprak.

Selamat jalan Pak Joko Krisnanto semoga selalu berbahagia di surga-Nya Allah SWT. Aamin Ya Robbal Allamiin. Semangat dan karyamu dalam melestarikan seni tradisional khususnya ketoprak di Kabupaten Klaten akan selalu dikenang dan semoga impianmu mewujudkan Kabupaten Klaten Sebagai Kota Ketoprak segera terwujud.(paidi)
Lebih baru Lebih lama