Peringatan Hari Pramuka Di Tengah Pandemi



Kasihinfo.com Klaten - Tepat hari ini, jumat  14 agustus 2020 diperingati sebagai hari pramuka yang ke 59 tahun sejak  dibentuk pada 14 agustus 1961. berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hari pramuka tahun ini diperingati di tengah pandemi covid-19, upacara benderapun dilakukan sederhana di sekolah di klaten jawa tengah . 

Seperti terpantau di smp negeri 1 polanharjo klaten, peringatan hari pramuka di gelar sederhana dengan upacara di ruang kelas  di tengah pandemi covid 19. hingga saat ini siswa masih melakukan pembelajaran daring hingga batas waktu yang belum ditentukan, sehingga upacara hanya dikuti para bapak ibu guru dan karyawan.

Kepala sekolah smp n 1 polhanjo, sudarsih  mengatakan, tema hari pramuka tahun ini pun cukup berbeda lantaran berkaitan dengan pandemi yang masih melanda tanah air, yaitu 'gerakan pramuka ikut membantu menanggulangi bencana covid 19 dan bela Negara. oleh karena itu sudarsih  mengajak anggota pramuka membuat dua gerakan nasional yaitu gerakan kedisiplinan dan kepedulian pada masa pandemi covid-19.

“gerakan kedisiplinan nasional mengajak semua anggota masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional tersebut ditujukan untuk mengajak masyarakat saling membantu, peduli serta berbagi” katanya.

Sudarsih menegaskan dengan gerakan tersebut bukan hanya untuk membantu masalah nasional akibat pandemi covid-19 tapi juga mengasah kepedulian anggota pramuka  akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan dalam memperdalam jiwa pramuka sejati sebagaimana tertuang dalam dwi dharma, tri satya dan dasa dharma pramuka. 

Upacara peringatan hari pramuka juga didokumentasikan  dan akan dikirim ke masing masing siswa. disela sela upacara hari pramuka juga dilangsungkan pemotongan tumpeng hari jadi sekolah serta pemberian hadiah bagi siswa berprestasi.(p-t)



Lebih baru Lebih lama