PT BPR Bank Klaten beri relaksasi kredit hingga 74,6 M selama pandemi



Kasihinfo.com Klaten – Direktur utama PT BPR Bank Klaten Tulus Yunianto mengatakan bahwa, selama masa pandemic  covid jelas berdampak secara bisnis, dimana Deb UMKM mengalami gangguan usaha dan penurunan kemampuan membayar kewajiban.  Untuk itu Bank klaten membuat SOP atau kebijakan strategis terkait teknis maupun bisnis pelayanan sesuai kebijakan pemerintah dan regulator dalam penanganan covid. Selain itu bank klaten juga sudah merelaksasi 926 Deb sebesar 74,6 Milyard. Mengajukan atas berbagai stimulus, kepada pemerintah pusat maupun Pemda dalam bentuk subsidi bunga untuk UMKM terdampak covid-19.

"selama pendemi memang jelas terdampak bagi keberlangsungan UMKM dalam menjalankan usanya. untuk itu kami membuat kebijakan salah satunya memberikan relaksasi kredit hingga 74,6 M" kata tulus.

Hal tersebut disampaikanya di sela pelaksanaan  Gebyar Undian ke 12 tabungan berhadiah : “Tabungan SEMAR dan Tabungan SIMBA”  PT BPR Bank Klaten(Perseroda) kabupaten Klaten, selasa, 25 agustus 2020, Dalam rangka HUT Bank Klaten yang ke 69, PT BPR Bank Klaten(Perseroda) Kabupaten Klaten. Dikarenakan masih dalam masa pandemi covid-19, pelaksanaan berbeda dengan tahun sebelumnya, dengan jumlah undangan yang terbatas sekitar 60 orang, dengan tetap melaksanakan protocol kesehatan. Selain itu, pelaksanaan dilakukan secara live streaming melalui channel youtube dan instagram, dan di 17 kantor Kas dibuka nonton bareng dengan nasbag secara terbatas.

Turut hadir, Bupati klaten Hj. Sri Mulyani, sekda kab klaten, Drs. Jaka Aswaldi, MM, ketua dprd klaten, Hamenang wajar ismoyo, serta muspida dan muspika kecamatan klaten utara, serta jajaran direksi BUMD kabupaten Klaten.

Dalam  pengundian, dua hadiah utama, yaitu berupa mobil Calya 1,2 E berwarna putih didapatkan oleh nasabah BPR kantor pusat, yakni Tri Tunggal, sedangkan hadiah utama mobil Toyota Calya 1,2 berwarna merah didapatkan dari nasabag kas prambanan atas nama Nanik Pratiwi.

Tulus menambahkan, Secara keseluruhan, kinerja keuangan PT BPR Bank Klaten(Perseroda) kabupaten Klaten dalam kondisi baik, dengan nilai tinggi kesehatan 94,8%.  Sedangkan di tahun 2019, berhasil mendapatkan penghargaan seperti The Asian Post: Predikat BUMD terbaik ke-4 pada kategori BPR Asset sekitar 250 Milyar rupiah hingga 500 milyar rupiah.  Kemudian infobank Award predikat sangat bagus”excellent dengan peringkat 10 nasional. Dalam Top Businnes:BUMD Award, juga mendapatkan TOP Pembina BUMD 2020 kepada Bupati Klaten, atas kebijakan dan dukungan dalam penguatan BUMD terutama kebijakan KURDA dalam bentuk subsidi bunga UKM, sekaligus TOP BUMD kategori BPR predikat bintang 4, serta Top CEO BUMD 2020.

PT BPR Bank Klaten(perseroda) kabupaten Klaten adalah satu-satunya bank yang 100 % milik Pemkab KLaten. Hingga bulan juli 2020, total asset tumbuh sebesar 34,32 % menjadi sebesar 458.649 M rupiah. Sedangkan dana dari masyarakat yang dihimpun tumbuh 414.118 Milyard rupiah dengan jumlah nasabah mencapai 33.462 orang, dengan rincian deposito sejumlah 279.380 milyar rupiah dan tumbuh 65,85%, serta berupa Deposito sejumlah 134.737 milyar rupiah, dan tumbuh 6,02 % dari bulan desember 2019.

“Di ulang tahun yang ke 69 ini, tulus berharap jumlah asset PT Bank Klaten akan terus tumbuh hingga mencapai Rp 1 Triliun” kata tulus

Bupati Klaten Sri Mulyani sangat mengepresiasi atas kinerja BPR Bank Klaten hingga selama ini. Dan ia berharap bank klaten semakin maju, berkembang dan bermanfaat bagi warga masyarakat klaten.

“semoga bank klaten semakin baik, semakin maju, dan yang terpenting bermanfaat bagi warga masyarakat Klaten” kata bupati. (h-d)


Lebih baru Lebih lama