Terjadi lonjakan, 66 orang terkonfirmasi positif Covid-19


Kasihinfo.com Klaten - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Klaten Kembali mengumumkan terkait situasi terkini penyebaran covid-19 di Kab. Klaten, Rabu (02/09). Juru bicara Gusgas PP Covid-19 Klaten, dr.Cahyono Widodo, M.Kes menyampaikan bahwa hari terdapat dua pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh dan penambahan enam puluh enam orang terkonfirmasi covid-19.

Sehingga jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi covid-19 di Klaten menjadi 384 orang. Sebanyak 188 orang menjalani perawatan di rumah sakit/ melakukan isolasi mandiri, 183 orang sembuh, dan 13 orang meninggal dunia.

“Hari ini terdapat dua pasien dinyatakan sembuh, namun ada penambahan enam puluh enam orang terkonfirmasi covid-19. Pasien sembuh berasal dari Prambanan dan Juwiring. Sedangkan penambahan pasien terkonfirmasi berasal dari Wonosari, Delanggu, Karangdowo, Klaten Utara, Klaten Tengah, Jatinom, Trucuk, Ngawen, Polanharjo, Tulung, Cawas, Ceper, dan Juwiring.” tutur dr. Cahyono.

Pasien yang dinyatakan sembuh hari ini masing-masing berasal dari Prambanan berinisial YABP (L/35th) dan dari Juwiring berinisial PS (P/23th). Sebelumnya pasien YABP telah dinyatakan terkonfirmasi covid-19 sejak tanggal 22 Juli 2020 dan telah menjalani perawatan di RS Panti Rapih Yogyakarta. Sedangkan pasien PS dinyatakan terkonfirmasi covid-19 tanggal 16 Agustus 2020 dan telah menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten. Dari hasil evaluasi pemeriksaan kedua pasien menunjukkan negatif, maka pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Meskipun boleh diperbolehkan pulang, kedua pasien harus tetap melakukan isolasi mandiri minimal 7 hari. 

Sementara untuk penambahan pasien positif baru berasal dari Wonosari berjumlah empat orang, dari Delanggu berjumlah delapan belas orang, dari Karangdowo berjumlah dua orang, dari Klaten Utara dan Klaten Tengah masing-masing berjumlah satu orang, dari Jatinom berjumlah tiga orang, dari Trucuk berjumlah delapan orang, dari Ngawen berjumlah sepuluh orang, dari Polanharjo berjumlah tujuh orang, dari Tulung dan Cawas masing-masing berjumlah satu orang, dari Ceper berjumlah sembilan dan terakhir dari Juwiring berjumlah satu orang. Dari enam puluh enam orang penambahan hari ini, enam puluh dua diantaranya merupakan kontak erat kasus terkonfirmasi covid-19, tiga orang terpapar pada saat melakukan aktivitas sehari-hari di Klaten dan satu orang lainnya memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah sehingga dimungkinkan terpapar ketika melakukan perjalanan tersebut. Saat ini terdapat enam puluh dua pasien menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis, satu pasien dirawat di RS dr. Oen Sukoharjo, dua pasien dirawat di RS dr. R Soeradji Tirtonegoro Klaten, serta satu pasien lain dirawat di PKU Muhammadiyah Jatinom.

Gusgas PP Covid-19 Kab.Klaten tetap mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa meningkatkan kesadarannya dan lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku. Tetap berada di rumah, jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat.(humas)
Lebih baru Lebih lama