Ajak pemuda terlibat dalam pembangunan, DPD KNPI lantik pengurus tingkat kecamatan

 



Kasihinfo.com Klaten  - Bertempat di gedung dharma wanita Klaten, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Klaten melakukan pelantikan pengurus KNPI tingkat kecamatan. Minggu, (29/11/2020).

 

Pelantikan diikuti oleh masing-masing 3 perwakilan dari 26 kecamatan yang ada di Klaten, yaitu ketua, sekretaris dan bendahara. mengingat masih ada pembatasan dalam berkumpul karena masih dalam masa pandemic covid 19.

 

Kabid pertanian dan lingkungan hidup KNPI Klaten, Eko Mardiyono mengatakan, Sebelumnya KNPI klaten sudah road show ke 5 exs kawedanan , dan berdinamika dengan para pemuda, akhirnya terbentuk kepengurusan KNPI tingkat kecamatan. Nantinya mereka akan mewarnai di masing masing kecamatan, paling tidak terlibat dalam prioritas kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, dan paling tidak mereka banyak ikut ambil bagian dalam berbagai kegiatan di kecamatan, sekaligus bisa menjadi pioner pembangunan di kecamatan.

 

Diharapkan selain menjadi pioneer di kecamatan, mereka aktif terlibat di dalam masyarakat, aktif di organisasi kemasyarakatan yang mereka ikuti, pasalnya anggota KNPI sendiri berasal dari berbagai macam organisasi kepemudaan yang ada di klaten jawa tengah.

 

“semisal ada sesuatu kebijakan yang tidak beres di kecamatan, maka mereka bisa bersuara, sekaligus memberikan solusi untuk menjadi lebih baik dengan bersinergi lembaga yang ada di kecamatan” katanya.

 


Sebelum pelaksanaan pelantikan, juga dilakukan workshop DPK KNPI se kabupaten Klaten dengan tema “Pemuda Klaten Bersinergi untuk negeri” dengan nara sumber beberapa tokoh pemuda di klaten jawa tengah, seperti ketua pemuda muhammadiyah, Wahid Syaifudhin, ketua DPRD KLaten Hamenang Wajar Ismoyo, tokoh pemuda Kristen Purnawan Kristanto, tokoh pemuda Nahdliyin sekaligus ketua DPD KNPI Klaten Marzuki.

 

Dalam kesempatan tersebut, ketua pemuda muhammadiyah Klaten, Wahid Syaifudhin mengatakan, dalam organisasi kepemudaan hal yang sangat penting yaitu Persatuan dan kesatuan. jika persatuan dan kesatuan dalam pemuda tidak terwujud, terutama dalam KNPI, maka membangun negeri tidak akan terwujud, terkusus di kabupaten Klaten. 

 

Mengingat Tujuan dari KNPI sendiri mewujudkan persatuan dan kesatuan pemuda. Walaupun terdapat berbagai unsur kepemudaan yang ada di Klaten, baik itu ormas, maupun parpol, maka tetap yang terpenting ada persatuan kepemudaan untuk membangun klaten.

 

Selain itu perlu adanya pemberdayaan potensi pemuda dalam membangun bangsa. Sebagai pemuda harus terlibat aktif dalam pembangunan. Perlu adanya pemberdayaan kemampuan pemuda yang kreatif, berdaya saing, dan bagaimana caranya pemuda itu mempunyai jiwa kewirausahaan.

 

 “semoga sinergi kita di KNPI nantinya  pemuda dapat mewujudkan bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan berkembang” pungkasnya.

 

Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo mengatakan , Sebagai pemuda harus mengetahui diri sendiri, potensi apa yang dimiliki, dan bisa untuk dikembangkan. Sehingga sesuai dengan potensi yang dimiliki ikut serta membangun kota klaten.

 

“ jika potensinya di bidang politik, ya mari terjun di dunia politik, untuk ikut serta membangan klaten dengan berbagai pemikiran dan strategi yang dimiliki. Jika potensi di bidang seni yang mari berkesenian untuk memajukan kota klaten melalui bidang seni” kata hamenang.

 

Hamenang menekankan jika tidak ada yang tidak mungkin bagi pemuda yang ingin mewujudkan cita citanya. Hamenang mencontohkan jika klaten pernah memiliki bupati termuda di Indonesia, saat Bupati Sunarno berumur 32 tahun menjadi Bupati Klaten. Dan saat ini klaten juga mempunyai ketua DPRD termuda yaitu berumur 32 tahun, dan saat terpilih mejadi ketua DPRD hamenang berumur 31 tahun.

 

“ ini bukan pamer ya, namun ini hanya sekedar contoh untuk penyemangat bagi kita para pemuda, bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk meraih mimpi kita sebagai pemuda” pungkasnya. (h-d)

 

 

Lebih baru Lebih lama