Kelompok Wanita Tani Tirtomarto, Wujudkan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

 


Kasihinfo.com Klaten  - Di klaten Jawa Tengah ada kelompok wanita tani yang menggerakkan warga terdampak covid 19 , untuk menanam berbagai macam sayuran. dengan tanam dan panen sendiri, setidaknya membuat ketahanan pangan di tengah pandemic, sehingga bisa membantu perekonomian warga terdampak.

 

kelompok wanita tani,atau KWT itu bernama Tirta Sari Alam, desa Tirtomarto, kecamatan Cawas, Klaten Jawa Tengah. Saat masanya tiba, puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam kwt Tirta Sari Alam melakukan panen tanaman sayuran yang telah mereka tanam sejak 3 minggu yang lalu.

 

Ada sayur bayam dan kangkung yang mereka panen kali ini. Selain bayam dan kangkung, mereka juga menanam kacang panjang, sawi, cabe, tomat dan sledri.

 

Menurut ketua KWT Tirta Sari Alam Titin Nurodiyah, masa pandemi sangat berdampak bagi warga dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, namun dengan adanya kegiatan tanam sayuran yang dilakukan ibu-ibu, setidaknya bisa sedikit membantu meringankan beban ekonomi keluarga ditengah pandemi ini.

 

“Dampak pandemi memang sangat dirasakan seluruh warga mas, namun dengan tanam sayuran ini setidaknya bisa sedikit membantu meringankan beban warga dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, istilahnya bisa sedikit mandiri pangan” kata Titin.

 

Ketua pkk desa tirtomarto, Anita Findiriyanti mengatakan ,  kegiatan ini merupakan program pokja pkk, yaitu pangan, sandang dan papan, salah satunya merintis kegiatan yang menopang kebutuhan pangan. terlebih masa pandemi ini, seluruh warga di tirtomarto merasakan dampaknya.

 

Dengan menggerakkan ibu-ibu yang tergabung dalam kwt, dan dibantu penyuluh pertanian , memanfaatkan lahan depan rumah warga setempat, dengan menanam berbagai sayuran. setidaknya hingga kini sudah ada 8 kwt dengan melibatkan sekitar 240 an warga sekitar.

 

“diharapkan kegiatan kwt ini bisa membantu perekonomian dan ketahanan pangan di tengah pandemi covid 19, sehingga dampak covid ini sedikit bisa teratasi dengan adanya kegiatan kwt tersebut” kata ketua pkk tirtomarto, Anita findiriyanti ( h-d)

 

Lebih baru Lebih lama