Blok Rem Kereta Api buatan Koperasi Batur Jaya Ceper lulus ujicoba

Ketua koperasi Batur Jaya, Badrul Munir, Saat menunjukan produk Blok Rem kereta api. Sabtu, 5 desember 2020)

Kasihinfo.com Klaten – Berbagai cara dan usaha terus dilakukan oleh koperasi Batur Jaya yang berada di Batur, Tegalrejo, kecamatan Ceper, Klaten Jawa Tengah, guna meluluskan uji sebuah produk yang dihasilkan, salah satunya blok rem kereta api.

 

Ketua koperasi Batur Jaya, Badrul Munir, disela kunjungan menteri koperasi dan UKM Teten Masdjuki di koperasi Batur Jaya, (Sabtu, 5 desember 2020) mengatakan, berbagai percobaan blok rem kereta sudah dilakukan. Baik percobaan dalam jarak pendek selama 3 bulan, dan hasilnya lulus uji, kemudian dilanjutkan jarak menengah selama 3 bulan dan lulus uji juga. Kemudian dilanjutkan uji jarak jauh selama 3 bulan, namun tingkat keberhasilan baru 40 %.  

 

“jarak pendek itu bandung-purwakarta, percobaan selama 3 bulan lulus, kemudian ujicoba bandung –jakarta, selama 3 bulan lulus, kemudian ujicoba bandung-malang sudah 3 bulan dan dinyatakan lulus 40 persen” kata Badrul Munir.

 

Untuk saat ini, koperasi Batur Jaya tinggal nunggu, produk blok rem koperasi setempat masuk ke e-katalog PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) manufaktur kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara, yang berkantor pusat di madiun jawa timur.

 

Badrul Munir mengatakan jika PT Inka telah menang lelang di pilipina, menang lelang di Bangladesh, dan menang lelang di Afrika. Nantinya jika PT Inka mengerjakan pembuatan kereta dipastikan memerlukan blok rem, sehingga dari pada mengambil blok rem dari Australia, Badrul berharap mengambil blok rem buatan batur, ceper Klaten.

 

“ Tadi saat kami bertemu dengan Bapak menteri Koperasi dan UKM Teten Masdjuki, kami menyampaikan terkait produk blok rem kami. Dan bapak menteri menyampaikan jika nantinya akan membantu menyampaikan hal tersebut di rapat terbatas di istana negara” pungkasnya. (h-d)

 



Lebih baru Lebih lama