Capai laba 4 Milyar lebih, PDAM Klaten Gelar Refleksi Akhir Tahun

 


Direktur PDAM Klaten, Irawan Margono, sampaikan capaian target tahun 2020 kepada media, Jumat, 11 desember 2020


Kasihinfo.com Klaten – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Klaten melaksanakan refleksi akhir tahun, terhadap pencapain kinerja yang dilaksanakan selama tahun 2020. Dimana tahun 2020 ini pencapaian laba hingga akhir tahun sekitar 4 M lebih, dengan target sebelumnya sekitar 6 M 80 juta rupiah.

 

Pencapaian target tersebut disampaikan oleh Direktur PDAM Tirta Merapi Irawan Margono di sela pelaksanaan refleksi akhir tahun berupa kegiatan, Outdoor Training bagi ratusan karyawan dan karyawati PDAM Tirta Merapi, di Lapangan tenis kantor setempat. Jumat, 11 desember 2020.

 

“ setelah dilakukan penghitungan, hingga akhir tahun laba yang kita capai sekitar 4 Milyar lebih, dengan target sebelumnya 6 Milyar lebih 80 juta rupiah. Ini kenapa, karena selama masa pandemi, terdapat berbagai surat dari pemerintah serta kebijakan Bupati untuk memberikan diskon pembayaran bagi pelanggan guna membantu meringankan beban ekonomi warga” kata Irawan Margono.

 

Irawan menambahkan, Kunci untuk memenuhi target pencapaian tiap tahunnya yaitu harus berkomitmen, dalam anggaran, baik itu efektifitas, efisiensi. Untuk penambahan pelanggan, di tahun 2020 ini jumlah penambahan pelanggan PDAM Tirta Merapi sejumlah 1200, dengan total jumlah pelanggan hingga saat ini sekitar 46 ribu pelanggan. Di tahun 2021 pengembangan akan terus dilakukan, seperti di wilayah Karangdowo, di Kemalang, dan di Karanganom.

 

“Penambahan pelanggan sendiri dikarenakan berbagai hal seperti, masyarakat mulai mengetahui bahwa air yang disalurkan oleh PDAM memenuhi standar kualitas, serta kemungkinan di wilayah lingkungan padat, sehingga air tanah yang ada kurang sehat, kiri kanan sudah banyak septi tank, daerah rawan air bersih, atau air bakunya kurang baik, sehingga bergantung pada PDAM” tambah Irawan Margono. 

 

Outdoor training karyawan PDAM Tirta Merapi.

Terkait pelaksanaan Outdoor Training karyawan tersebut mengambil tema, “komunikasi organisasi demi kemajuan, kejayaan, kesejahteraan, PDAM Tirta Merapi, Kabupaten Klaten”. Pelaksanan training sendiri selain sebagai refleksi akhir tahun PDAM Tirta Merapi, bertujuan untuk, menjadikan karyawan-karyawati PDAM Tirta Merapi, menjadi pegawai yang berkarakter, dalam memberikan pelayanan publik, khususnya air bersih kepada masyarakat.

 

“ Salah satu agenda utama adalah, mendidik, memberi motivasi, serta memberi semangat, kepada pegawai. Tema komunikasi dipilih agar dalam keseharian mereka bekerja bisa sinergi yang baik, sehingga perusahaan menjadi maju, jaya dan sejahtera”pungkasnya.  

 

Ketua Dewan Pengawas PDAM Klaten, Drs H Purwanto AC MSi, kepada ratusan karyawan karyawati PDAM Tirta Merapi mengatakan, dalam sebuah perusahaan dibutuhkan komunikasi yang baik, baik itu ke atas, yaitu dari bawahan ke atasan, dan sebaliknya komunikasi ke bawah yang baik, serta ke samping yaitu komunikasi baik ke karyawan.

 

“ komunikasi Ke atas berupa laporan, ke bawah berupa koordinasi. Selain itu di tambah lagi dengan komunikasi informal, dengan berbagai pelatihan untuk menjalin kebersamaan, seperti yang dilakukan saat ini. Jika Informasi mengalir, data valid, bisa memberikan solusi secara tepat terhadap berbagai permasalahan” pesan Purwanto AC kepada para karyawan. (h-d)

Lebih baru Lebih lama