Klaten Dinobatkan Sebagai Kabupaten Peduli HAM 2020

 



Kasihinfo.com Semarang - Kabupaten Klaten menjadi salah satu daerah yang dinobatkan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI pada tahun 2020 ini. Penyerahan piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jawa Tengah Priyadi kepada  Bupati Klaten Sri Mulyani di Grhadika Bakti Praja, Semarang, Senin (14/12).


Penyerahan piagam penghargaan tersebut bertepatan dengan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke 72, yang diperingati secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri Hukum dan Ham RI Yasonna Laoly, Ketua Komisi Nasional (Komnas) HAM, para menteri, serta para gubernur, bupati dan walikota penerima penghargaan.


Menkumham Yasonna Laoly mengungkapkan, melalui program ini,  kementeriannya memberikan perhatian kepada kabupaten kota yang telah berusaha membangun dan memenuhi hak-hak dasar masyarakat.  


“Sebagai sebuah program, kabupaten kota peduli HAM menjadi signifikan ketika animo pemerintah  daerah semakin tinggi untuk mencapai predikat peduli HAM. Ini tentu menjadi jalan masuk bagi pemerintah untuk semakin meningkatkan komitmen penghormatan, perlindungan, pemenuhan penegakan dan pemajuan HAM” Ucap Yasonna dalam paparannya.


Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Dirjen HAM Kemenkumham RI, Mualimin Abdi,  pada tahun 2020 sebanyak 259 kabupaten kota atau sekitar 59% memperoleh penghargaan kabupaten kota peduli HAM. Selain memberikan penghargaan pada daerah, Kemenkumham juga telah mendorong penerapan pelayanan punlik berbasis HAM.


Di Jawa Tengah, penghargaan diserahkan oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng Priyadi kepada perwakilan 10 kepala daerah kabupaten kota yang hadir secara langsung di Gradika Bhakti Praja termasuk Bupati Klaten Sri Mulyani, serta kepala daerah lainnya secara virtual. Selain itu, penghargaan turut diberikan pada pelayanan publik berbasis HAM.


Bupati Klaten mengungkapkan rasa terimakasihnya atas diraihnya penghargaan ini oleh Klaten. Kedepannya, Pemerintah Kabupaten Klaten akan terus berkomitmen dan selalu aktif mendorong kepedulian terhadap hak-hak asasi manusia.


 “Saya persembahkan penghargaan ini untuk seluruh warga Klaten. Terima kasih atas kerja keras dari semua pihak, untuk Klaten Maju, Klaten yang semakin keren” terangnya.(Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten)

Lebih baru Lebih lama