Operasi lilin 2020, Polres Klaten fokus pada protokol kesehatan

AKP Bobby Anugrah Rachman kasatlantas Polres Klaten

Kasihinfo.com Klaten  - Menjelang pelaksanaan Natal tahun 2020 dan Tahun baru 2021, berbagai persiapan terus dilaksanakan Polres Klaten, salah satunya pelaksanakan Operasi lilin 2020. operasi lilin 2020 akan dimulai dari tanggal 21 desember 2020 hingga tanggal 4 januari 2021.

Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, melalui Kasatlantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rachman mengatakan, Operasi lilin ini adalah operasi kemanusiaan, yang mana petugas akan fokus kepada pengamanan masyarakat itu sendiri, khususnya dalam pandemi covid 19. Dalam operasi nanti akan menitik beratkan pada protocol kesehatan.

“ Jadi baik pengendara roda dua maupun roda 4, harus tetap menggunakan masker, menghindari kerumunan,  dan petugas akan tetap menghimbau masyarakat untuk tidak berlibur, agar untuk tetap dirumah, sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Intinya kita fokus pada kesehatan masyarakat, jangan sampai terjadi claster baru” kata Bobby.

Dalam operasi lilin, polres klaten selain menerjunkan 152 personel, juga menerjunkan 3 tim urai masing masing tim sejumlah 10 personel yang ditempatkan di dua wilayah perbatasan dan satu tim di dalam kota.

“nantinnya jika ada kerumunan dan kemacetan arus lalu lintas di beberapa wilayah di Klaten, maka 3 tim pengurai inilah yang akan bertugas mengurai, sehingga arus lalu lintas kembali lancar, sekaligus memantau keamanan wilayah. Untuk tahun baru nanti, petugas akan menindak tegas jika ada pawai kendaraan di jalan” tambah Bobby.  

Polres Klaten akan mendirikan pos baik di perbatasan maupun di dalam kota. Ada 3 pos yang akan didirikan yaitu satu pos di Delanggu, satu pos di Prambanan, dan satu pos di dalam kota yaitu di alun-alun Klaten.

Polres klaten juga telah menentukan beberapa titik kerawanan, salahsatunya di Prambanan, terkait kepadatan arus, serta adanya wisatawan lokal maupun asing yang berlibur di komplek wisata Prambanan.(h-d)

 

Lebih baru Lebih lama