Digitalisasi sekolah, SMPN 2 Karangnongko launching aplikasi pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi

 

Kepala dinas pendidikan Klaten Wardani Sugianto didampingi Kepsek SMPN 2 Karangnongko, saat melaunching Aplikasi pembelajaran jarak jauh. Sabtu, (30/1/2021)

 

Kasihinfo.com Karangnongko – Berbagai cara terus dilakukan guna membantu dan mempermudah proses pembelajaran di tengah masa pandemi yang hingga kini masih berlangsung. Seperti yang dilakukan oleh SMPN 2 Karangnongko, Klaten, Sabtu siang, 30 januari 2021 melaunching akun pembelajaran berbasis digital, yaitu pembelajaran dengan  Microsoft 365 dan akun resmi sosial media SMP N 2 Karangnongko, Klaten, yang terdiri dari berbagai macam akun seperti akun youtube, serta akun jaman now yang anak didik pelajari (IG, twitter, FB ).

 

Kepala SMPN 2 Karangnongko, Klaten, Anik Ariastuti mengatakan, proses pembelajaran yang terjadi sebelumnya hanya share tugas lewat WA, dimana hal tersebut bisa menimbulkan kejenuhan para siswa dalam proses pembelajaran, karena hanya mendapatkan tugas terus menerus tanpa adanya inovasi.  

 

“Nantinya dengan penggunaan aplikasi pembelajaran ini, semua guru dituntut untuk membuat konten pembelajaran, yang interaktif, inovatif, yang kreatif, sehingga anak didik tidak merasa bosan dalam proses belajar, dan menjadikan anak didik semangat belajar di tengah pandemi” kata Anik Ariastuti

 

Anik menambahkan, banyak kelebihan dalam penggunaan Microsoft 365, dimana ketika SMPN 2 karangnongko sudah mempunyai akun tersebut, selain bisa mendukung dalam pembelajaran jarak jauh, ada ruang penyimpanan sebesar 5 tera yang dapat digunakan oleh para guru untuk menyimpan materi pembelajaran, dan anak anak juga bisa mengaplikasikan dan melaksanakan tugas pembelajaran yang sudah dimasukkan ke dalam kelasnya masing-masing.

 

“Jadi perlu membuat kelas di dalam aplikasi tersebut, mengisi kontennya, dan menginformasikan berbagai tugas yang dikombinasikan dengan media sosial milik sekolah salah satunya youtube”tambahnya.

 

Anik berharap dengan penggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh tersebut, bisa membantu proses pembelajaran di era pandemi, sehingga anak-anak bisa lebih memahami apa yang harus dipelajari.

 

Dalam penggunaan aplikasi pembelajaran jarak jauh,  ada beberapa kekurangan dalam penggunaan aplikasi yang dialami oleh SMP N 2 Karangnongko, salah satunya sinyal internet, mengingat keberadaan SMP 2 Karangnongko yang berada dilereng merapi membuat kesulitan mendapatkan sinyal.

 

“kelemahannya sinyal mas, kalau tidak ada jaringan wifi, maka di sekolah juga akan kesulitan menadapatkan sinya internet” tambahnya.

 

Kepala dinas pendidikan kabupaten Klaten, Wardani Sugianto menyambut baik atas launching penggunaan aplikasi Microsoft 365 dalam pembelajaran di SMP 2 karangnongko tersebut, pasalnya penggunaan aplikasi ini sangat mendukung  keberadaan program sekolah penggerak, dan mendukung program pendidikan dari pemerintah yang saat ini berbasis merdeka belajar.

 

Saat ini kabupaten Klaten sedang mengembangkan program sekolah penggerak, mengingat kabupaten Klaten menjadi salah satu kabupaten yang masuk nominasi untuk melaksanakan program sekolah penggerak.

 

“ SMP 2 Karngnongko sudah melakukan kegiatan yang sudah sangat kreatif dalam pembelajaran di tengah masa pandemi saat ini. Jadi saya harapkan, digitalisasi sekolah dalam pembelajaran ini akan diikuti sekolah yang lainnya”  kata Wardani.(h-d)

 

Lebih baru Lebih lama