TP PKK Klaten Harapkan Pelaku Wisata Ikut Kembangkan UMKM Sekitar

 

TP PKK Kabupaten Klaten, PKK kec Karanganom dan PKK desa Soropaten saat naik ke duplikasi menoro Baskoro PB X. kamis, (11/3/2021)

 

Kasihinfo.com Karanganom - TP PKK Kabupaten Klaten kembali melakukan kunjungan kerja di beberapa desa yang mempunyai potensi daya tarik dan dijadikan destinasi wisata, salah satunya ke objek wisata religi, desa Soropaten, keacamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah. Kamis, (11/3/2021)


Kunjungan dipimpin oleh Ketua TP PKK Kabupaten Klaten, Endang Yoga  Hardaya, didampingi para pengurus TP PKK Kabupaten Klaten, PKK kecamatan Karangnom, serta PKK desa Soropaten.
Endang Yoga Hardaya mengaku senang saat melihat keberadaan objek wisata yang melibatkan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada disekitar.


"memang dimana ada objek wisata, disitu ada UMKM yang dilibatkan, sehingga perekonomian para pelaku UMKM yang tak lain warga sekitar menjadi meningkat. Tidak hanya di objek wisata di Soropaten saja, namun objek wisata yang lainnya diharapkan tetap sinergi antara objek wisata dan pelaku UMKM" katanya.


Ketua TP PKK yang juga sebagai ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Klaten mengharapkan adanya keterlibatan PKK hingga tingkat desa untuk terlibat aktif di masing-masing desanya, guna mengembangkan UMKM yang ada, dengan disinergikan potensi dari masing-masing desa.


Plt Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga Klaten, Sri Nugroho Akan selalu mendukung Upaya TP PKK dan Dekranasda Klaten, guna mengembangkan UMKM yang berada di komplek objek wisata di Klaten. 


Walaupun belum dibuka secara penuh, keberadaan objek wisata di Klaten Jawa Tengah mulai menggeliat. dari total objek wisata 137, sudah ada sekitar 30 % yang sudah diizinkan untuk buka, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secar ketat.


"sebelum pandemi, jumla wisata yang berkunjung disejumlah objek wisata di Klaten sekitar 16.000 orang perhari. namun setelah kembali dibuka di masa pandemi kali ini, jumlah wisatawan perharinya ada 2500 orang, sedangkan untuk hari minggu ada sekitar 6000 pengunjung. Semoga wisata di klaten kembali bangkit, sehingga perekonomian para pelaku UMKM juga ikut bangkit" kata Sri Nugroho.

Lebih baru Lebih lama