Cegah Banjir, Petugas, Relawan dan Warga Bersihkan Sungai Kalikotes

 

Sejumlah anggota TNI, Polisi, Petugas BBWS Bengawan Solo, Dan Relawan saat bersihkan sungai Kalikotes, Rabu ( 7/4/2021)

Kasihinfo.com Kalikotes – Sering menjadi daerah langganan banjir, Masyarakat dibantu TNI, Polri, dan petugas BBWS Bengawan Solo serta Komika, membersihkan bambu yang mengahalangi aliran air sungai yang melintas di desa Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Tepatnya di seputaran Bumi Perkemahan Kalikotes, Rabu (7/4/2021).

Dengan menggunakan senso, petugas memotong bambu yang roboh dan melintang yang menghambat aliran sungai. Terlihat juga warga dan petugas, bergotong royong menaikkan potongan bambu dari dasar sungai. Tidak hanya bambu saja, namun mereka juga memberaihkan tumpukan sampah yang terbawa oleh air dan menghambat aliran sungai.

Kepala desa Kalikotes Ponidi mengatakan, kegiatan bersih sungai yang dilaksanakan di desa setempat, dengan melibatkan warga, relawan dan petugas, sudah menjadi kegiatan rutin yang terus dilakukan, mengingat intensitas hujan masih sering terjadi beberapa bulan terakhir, terlebih lagi di daerah setempat dulunya sempat mengalami banjir ketika hujan lebat yang mengakibatkan debit aliran sungai meluap. Ditambah lagi, selain sampah juga sering terjadi rumpun bambu yang longsor dan menutup aliran sungai setempat.

“ ini kegiatan rutin mas, membersihkan sungai dari rumpun bambu karena ada rumpun bambu yang longsor dan menutup aliran sungai, sekaligus beberapa sampah yang menghambat aliran air sungai.  Dikawatirkan jika tidak langsung diatasi, akan menyebabkan banjir jika hujan datang” katanya.

Diharapkan dengan secara rutin dilakukan bersih sungai, ,menjadikan aliran sungai menjadi lancar, dan mencegah terjadinya banjir, mengingat daerah setempat sempat beberapa kali mengalami banjir, akibat luapan air sungai setempat. (h-d)


Lebih baru Lebih lama