Gerakkan Ekonomi Ditengah Pandemi, Desa Karanglo Siapkan Lokasi Usaha Bagi Warga

 

Kades Karanglo Cosmas Widodo saat memantau perbaikan taman tetuko. Kamis, (1/4/2021)


Kasihinfo.com Klaten – Dampak pandemi Covid 19 memang dirasakan berbagai lini, terutama perekonomian warga masyarakat. Guna menggerakkan kembali perekonomian warganya, Pemdes Karanglo Klaten Selatan kini terus berupaya menyiapkan ruang terbuka hijau serta tempat pengembangan usaha masyarakat sekitar, salah satunya menyiapkan taman tetuko.

Taman tetuko sendiri merupakan taman desa yang dilengkapi fasilitas bermain untuk anak anak dan tempat santai dengan dilengkapi gasebo. Disamping taman, juga dilakukan pembangunan fisik guna aktifitas perekonomian warga sekitar.

Kepala Desa Karanglo, kecamatan Klaten Selatan Cosmas, Widodo mengatakan, memang dimasa pandemi saat ini digunakan pemdes setempat melakukan pembangunan fisik, salah satunya pembangunan taman tetuko yang akan dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomian warga sekitar dengan aktifitas kuliner. Saat ini di taman tetuko yang sudah berjalan warung kopi, untuk kuliner lainnya masih dalam proses penyiapan tempat berjualan.

“ di saat masa pandemi inilah mas, kami gunakan untuk berbenah dan menyiapkan lokasi bagi warga sekitar guna peningkatan kembali perekomian warga akibat terdampak covid 19. Ini baru warung kopi yang buka setiap sore hari, selanjutnya kami masih menyiapkan beberapa kios yang akan dimanfaatkan warga sekitar, intinya demi perekonomian warga mas” kata Cosmas.

Cosmas menjelaskan jika sebenarnya selain taman tetuko, Karanglo memiliki taman si Jaran atau yang lebih dikenal sebagai Taman Monte De Carlo yang dikelola Bumdes Ngudi Makmur berlokasi di rest area pinggir jalan alternatif Boyolali. – Jogja tidak jauh dari Kantor Desa Karanglo. Namun akibat masa pandemi, taman kuliner tersebut ditutup sementara mengingat penghasilan menurun drastis dan belum mencukupi untuk operasional sehari-hari.

“Memang kami mempunyai keinginan, setiap dukuh di desa Karanglo mempunyai tempat pengembangan perekonomian warga sekitar, dengan harapan roda perekonomian terus jalan, untuk itu pembangunan secara fisik lokasi berjualan warga terus kami lakukan disamping membuat tempat santai untuk anak anak dan keluarga” ungkap kades pensiunan Polisi tersebut.

Selain melakukan pembangunan fisik, kini pemdes Karanglo dan Bumdes setempat baru menyusun strategi bagaimana bisa menjalankan usaha bisa lancar di tengah pandemi sekaligus bisa menggerakkan perekonomian warga sekitar, agar terus bangkit dari dampak Covid 19. Sehingga jika sudah siap, beberapa usaha yang dikelola Bumdes akan dibuka kembali salah satunya taman dan kafe si jaran atau Monte De Carlo, mengingat lokasi yang strategis, berada di jalan alternatif Boyolali – Yogyakarta.(h-d)

 

 

 

Lebih baru Lebih lama