Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Klaten Tanam Ratusan Pohon dan Bagi Sembako di Lereng Gunung Merapi

 


Kasihinfo.com Kemalang -  Sebagai rangkaian peringatan hari air sedunia, PDAM Tirta Merapi Sabtu pagi, (10/4/2021) melakukan tanam pohon di lereng gunung merapi, tepatnya di desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten Jawa Tengah.

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, serta Forkopimda Kabupaten Klaten.  Direktur Utama PDAM Tirta Merapi Klaten Irawan Margono, SH MM menyatakan, kegiatan tanam pohon sendiri merupakan salah satu rangkaian agenda yang kami lakukan, dalam rangka memperingati hari air sedunia tahun 2021 ini. Agenda tersebut juga sudah menjadi agenda tahunan dan rutin dilakukan keluarga besar PDAM Tirta Merapi Klaten untuk ikut berperan aktif melestarikan lingkungan di wilayah lereng Gunung Merapi.

Dalam penanaman pohon kali ini ada sekitar 500 batang pohon untuk desa Tegalmulyo, serta 150 pohon untuk desa bengking kecamatan Jatinom dan desa Keputran Kemalang.  Jenis pohonnya sendiri ada tanaman kopi, kakau, alpukat, damar dan pinus.

“Ini kami lakukan sebagai rangkaian peringatan hari air sedunia, guna ikut merawat kelestarian di lereng gunung merapi sebagai  lokasi penyerapan air untuk sumber mata air di wilayah kabupaten Klaten” katanya.

Selain melakukan penanaman pohon, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pelepasliaran burung derkuku sebanayak 25 ekor oleh Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani didampingi Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, Dandim 0723/Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, Sekda Klaten Jaka Sawaldi dan Irawan Margono, dan dilanjutkan pemberian sembako bagi warga di dukuh Girpasang, serta warga sekitarnya di desa Tegalmulyo. 

 

Bupati Klaten Sri Mulyani mengajak warga masyarakat, untuk terus berupaya ikut serta menjaga kelestarian alam, khususnya di lereng gunung merapi, dimana selain sebagai lokasi serapan air tanah untuk sumber mata air di Klaten, juga memperindah desa setempat yang kini terus dikembangkan menjadi desa wisata.

“mari bersama-sama menjaga kelestarian alam,agar sumber air tetap terjaga, sekaligus memperindah desa setempat, yang  kini terus berbenah menjadikan daya tarik para wisatawan untuk datang kesini” kata Bupati.(h-d)

 

Lebih baru Lebih lama