Wakili Cawas dalam lomba hatinya PKK tingkat kabupaten, desa Bogor prioritas pemberdayaan masyarakat.




Kasihinfo.com Cawas - Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten menggelar Lomba Hatinya PKK tingkat Kabupaten .Sebelumnya  lomba serupa dilakukan di tingkat kecamatan. Seperti Tim Penggerak PKK Desa Bogor Kecamatan Cawas misalnya menjadi nominasi maju tingkat Kabupaten mewakili Kecamatan Cawas.


Senin 27 /9/ 2021 dilaksanakan penjurian lomba  Hatinya PKK oleh Ketua Tim Lomba Hatinya PKK tingkat Kabupaten.


Ketua TP PKK Desa Bogor, Rina Hastuti mengatakan berbagai persiapan sebelumnya telah dilakukan untuk menghadapi lomba tingkat kecamatan dan alhasil mendapatkan nominasi sehingga saat ini maju di tingkat kabupaten. Lebih lanjut Rina menjelaskan pekarangan rumah menjadi awal peningkatan pendapatan rumah tangga dan meningkatkan nilai ekonomi keluarga.


Dengan diadakannya lomba ini diharapkan akan memacu semangat anggota PKK untuk menciptakan produk unggulan dan menu olahan yang bernilai jual tinggi.


Dukungan PKK antara lain melalui kegiatan lomba hatinya PKK seperti yang kita laksanakan hari ini.


Dalam kaitan ini, maka dukungan PKK sebagai salah satu penggerak, sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.


Selain sayuran, pembuatan kolam ikan di pekarangan rumah pun dapat membantu pemenuhan gizi keluarga. Ikan dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan. Tinggal bagaimana kita  mengolahnya menjadi hidangan yang lezat dan bernilai gizi tinggi.


Keluarga sebagai lingkup masyarakat  terkecil menjadi tulang punggung ketahanan pangan. Pekarangan rumah dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan kita sehari – hari. Pekarangan rumah dapat kita tanami dengan berbagai macam tanaman sayuran, dan tanaman obat keluarga (toga)


Ketahanan pangan diwujudkan bersama oleh masyarakat dan pemerintah serta dikembangkan mulai tingkat rumah tangga. Yang menjadi kegiatan prioritas dalam pembangunan ketahanan pangan adalah pemberdayaan masyarakat.


Terlebih saat ini pandemi covid 19 juga belum usai sehingga dapat memberikan manfaat bagi keluarga khususnya makanan yang bergizi untuk meningkatkan imun serta meningkatkan pendapatan keluarga.


Rina berharap selain dapat menopang perekonomian warga Lomba Hatinya PKK dapat menang ditingkat Kabupaten sehingga akan memicu desa desa lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui hatinya PKK. (p-w)

Lebih baru Lebih lama