Peduli warga terdampak pandemi, sudah satu tahun warung makan gratis bersinar berikan makan gratis setiap harinya

 



Kasihinfo.com Klaten – Di Klaten Jawa Tengah, tepatnya di dukuh Gatak Tuan, desa Gemblegan, kecamatan Kalikotes, Klaten ada sebuah warung gratis bersinar yang buka setiap harinya. Siapa saja boleh datang dan makan secara gratis di warung tersebut setiap harinya, yang buka mulai pukul 10.00 wib hingga habis.


Inisiator berdirinya warung gratis, Titik Purwanti mengatakan, warung gratis tersebut tepat satu tahun dibuka, yaitu dulu pada tanggal 10 oktober 2020 sekitar jam 10 siang. Warung gratis sendiri di dirikan dikarenakan adanya masa pandemi, banyak warga terdampak dan kesulitan memenuhi kebutuhan pokok, salah satunya makan, maka terbentuklah warung gratis tersebut.


“ warung gratis ini berawal saat pandemi, dan banyak warga terdampak, dan intinya kami ingin sedikit membantu memenuhi kebutuhan makan, karena makan tidak pernah libur, maka warung tersebut buka setiap hari dan tidak pernah libur” katanya


Titik menambahkan jika,  Memang diakui, beberapa waktu lalu ada beberapa warung gratis yang berdiri, namun banyak yang tidak lanjut.


“ Alhamdulillah, warung gratis bersinar ini bisa lanjut hingga satu tahun ini,semoga untuk kedepannya masih bisa bertahan, meskipun kecil semoga bermanfaat bagi sesama” ungkap dosen Akutansi di Unwidha Klaten tersebut.


Kendala yang dialaminya, dikarenakan lokasi warung di daerah yang agak masuk ke kampung, jadi masih banyak warga yang belum mengetahui, walaupun berbagai cara publikasi sudah dilakukan. Walaupun demikian, hingga saat ini sudah banyak yang datang untuk makan tersebut, tidak hanya wilayah sekitar saja, bahkan ada yang datang dari luar kecamatan, seperti bayat, cawas, ceper, pedan jatinom, dan sekitarnya.


Warung tersebut berdiri atas insiatif titik Purwanti, dan awalnya memang ada kepengurusan, namun dikarenakan seleksi alam, dan lamanya dalam bersosial, maka kini tinggal Titik Purwanti dan didukung penuh keluarga serta para donatur rutin.


 “ Yang membuat bisa bertahan hingga 1 tahun dikarenakan adanya dukungan dari keluarga saya dan dukungan dari berbagai donatur. Setidaknya ada  sekitar 15 orang yang hingga kini masih rutin memberikan donatur untuk keberlangsungan warung gratis bersinar tersebut” kata Titik.


Warung tersebut di tunggu oleh ibunya Titik Purwanti, dan yang masak juga ibunya dibantu saudara-saudaranya. Awalnya ada orang khusus yang masak, namun dikarenakan saat corona sedang naik, maka diputuskan untuk sementara dimasak sendiri untuk menghindari penyebaran virus corona. Intinya titik purwanti dan ibunya yang menjadi inti pengelola saat ini, dan untuk siapa saja yang mau membantu dipersilahkan.


Warung buka mulai jam 10.00 wib dan biasanya pukul 02.00 wib sudah habis. Selama ini yang banyak makan di warung bersinar tersebut seperti pengamen, penjual keliling, tukang batu, pegawai pabrik dan masih banyak yang lainnya. Jadi ini gratis untuk siapa saja, dan tidak pernah memandang pangkat golongan, kaya miskin, dan semua boleh makan disini.


“ Keberadaan warung gratis ini sangat bermanfaat , terutama masa pandemi, dan tidak saya batasi untuk kaum duafa saja, pasalnya banyak warga yang terdampak, tidak hanya warga kalangan bawah saja yang terdampak,  namun juga banyak warga berkecukupan, pegawai kantoran, para entrepreneur juga banyak yang terkena dampak covid 19. Bahkan yang berlebihpun juga terkena dampak, dan bagi mereka yang bekerja, lupa memasak atau lupa bawa bekal, intinya semua boleh makan disini dan gratis” ungkapnya.


Susah senang sudah ia lalui selama setahun, dan menurutnya banyak untuk senang nya, karena menurut titik, bersedekah itu sebagai pencerah, seperti yang ia rasakan hingga saat ini, yaitu semakin banyak penerima manfaat warung gratis tersebut, maka akan semakin banyak rejeki yang ia terima, sekaligus dukungan para donatur yang terus berdatangan.


Salah satu warga Cawas, pak kumis menyambut baik dan  merasa senang dengan adanya warung gratis ini sangat membantu bagi warga yang membutuhkan.


“ memang saya baru pertama kali datang dan makan disini, namun saya sudah lama mendengar dan mendapatkan informasi jika disini ada warung gratis. Ini sangatlah bermanfaat bagi yang membutuhkan terutama saat masa sekarang ini, setidaknya sedikit meringankan beban warga untuk kebutuhan makan” katanya.


Warga lainya, Panijo dari kalikebo merasa bersyukur dimana walaupun terkendala masa pandemi, masih ada yang peduli dengan orang lain, salah satunya warung gratis tersebut.


“ Ini sangat bermanfaat bagi rekan seprofesi saya sebagai buruh, sehingga bisa sedikit mengurangi biaya makan yang harus ia keluarkan untuk makan siang” ungkapnya. (h-d)

 

 

 

Lebih baru Lebih lama