Masuk Rekor MURI, Penyemprotan Eco Enzyme Terbanyak Dengan 50.000 Spayer




Kasihinfo.com Klaten - Kegiatan penyemprotan eco enzyme ke udara serentak dengan 50.000 sprayer di Kabupaten Klaten yang diprakarsai Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, SM dan Relawan se Kabupaten Klaten tercatat masuk Museum Rekor Dunia Indonesia atau Rekor MURI yang penyerahannya dilakukan di Alun-alun Kabupaten Klaten, Jumat, 7 Januari 2022. 


Penyerahan piagam penghargaan dari Rekor MURI dilakukan oleh Representatif Rekor MURI, Sri Widayati kepada Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, SM yang didampingi Koordinator Relaan Satgas Covid-19 Kabupaten Klaten, Drs H Purwanto Anggono Cipto, MSi dan perwakilan relawan lainnya. Penyemprotan eco enzyme ke udara serentak dengan 50.000 sprayer di Kabupaten Klaten tercatat di  Piagam Penghargaan MURI dengan nomor rekor 10194/R. MURI/I/2022 tanggal 7 Januari yang ditandatangani Ketua Umum Museum Rekor – Dunia Indonesia, Prof Dr (Hc) KP Jaya Suprana. 


Koordinator Relawan Satgas Covid-19 Kabupaten Klaten, Drs H Purwanto Anggono Cipto, MSi dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan  penyemprotan eco enzyme ke udara serentak dengan 50.000 sprayer di Kabupaten Klaten untuk memasyarakatkan eco enzyme kepada seluruh lapisan masyarakat. Dengan eco enzyme untuk mengurangi resiko bencana, karena manfaat eco enzyme dapat meningkatkan kualitas udara dan air. 


Selain itu, kata Purwanto, dengan eco enzyme  dapat mencegah polusi udara dan mempertebal lapisan ozon dan dapat mencegah pemanasan global atau global arming. Kemudian eco enzyme juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan seperti mengetasi penyakit kulit dan luka, juga bisa digunakan pembersih lantai, pembersih alat rumah tangga serta berfungsi sebagai disinfektan untuk mencegah berbagai virus dan bakteri termasuk untuk memberantas virus corona atau covid-19. 


 Lebih lanjut  H Purwanto mengatakan, peserta penyemprotan eco enzyme dengan 50.000 sprayer ini melibatkan jajaran TNI, Polri, seluruh relawan Klaten, semua OPD di Kabupaten Klaten, semua kecamatan, semua pemerintah desa dan kelurahan sampai tingkat RW dan RT. Kemudian juga melibatkan seluruh sekolah baik SD, SMP, SMA dan SMK se Kabupaten Klaten dan jajaran perguruan tinggi serta masyarakat umum. 


Sementara itu Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, prakarsa penyemprotan eco enzyme dengan  sprayer terbanyak ini terselenggara atas kerjasama antara Pemkab Klaten, TNI, Polri dan seluruh relawan se Klaten. Kemudian juga jajaran pendidikan di Kabupaten Klaten dan masyarakat hingga tingkat RW dan RT, untuk itu Pemkab Klaten mengapresiasi sebesar-besarnya atas terselenggaranya penyemprotan eco enzyme dengan  sprayer terbanyak di Kabupaten Klaten.

 

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengajak masyarakat untuk membudayakan  pemakaian eco enzyme dalam kehidupan sehari-hari, karena selain ramah lingkungan juga pembuatannya cukup mudah. Dengan eco enzyme juga dapat mewujudkan  kebersihan lingkungan karena limbah seperti buah yang  sudah tidak dimakan, sayur sayuran yang tidak masak dan bahan organik lainnya dapat dibuat eco enzyme. 


Sementara itu Representatif Rekor MURI, Sri Widayati dalam sambutannya, MURI memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Pemkab Klaten dan seluruh relawan Kabupaten Klaten yang menyelenggarakan kegiatan spektakuler berupa penyemprotan eco enzyme ke udara terbanyak dengan 50.000 sprayer. Harapannya, Bupati Klaten, Pemkab Klaten dan para relawan untuk terus berkarya dan melakukan ide-ide besar untuk kemaslahatan masyarakat yang nantinya dapat dicatatkan di Rekor MURI.  (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan)

Lebih baru Lebih lama