Jelang Nyepi, Umat Hindu Klaten gelar Melasti di umbul Geneng

 

Upacara melasti di umbul Geneng, Kebonarum, Klaten. Minggu, (20/02/2022)


Kasihinfo.com Klaten- Minggu pagi, (20/02/2022) umat Hindu Klaten Jawa Tengah melaksanakan upacara melasti di umbul Geneng, Kebonarum, Klaten. guna meminimalisir penyebaran covid 19, selain dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, pelaksanaan arak-arakkan ditiadakan, dan jumlah umat yang hadir juga dibatasi.

 

Di tengah pandemi covid 19, Umat Hindu di Klaten Jawa Tengah, tetap dengan khidmat melaksanakan melasti di umbul Geneng, desa Ngrundul, kecamatan Kebonarum, klaten. seperti di tahun sebelumnya, upacara melasti dilaksanakan secara sederhana.

 

“ selain tanpa arak-arakan, pembatasan umat yang hadir serta penerapan prokes dilakukan secara ketat. jika biasanya ada sekitar 2 hingga 3 ribu umat hindu yang datang, untuk melasti kali ini umat dibatasi hanya 300 umat saja, dari perwakilan 5 orang dari masing masing pure yang ada di klaten.” kata Suparman, ketua PHDI Klaten.

 

Suparman menjelaskan,  upacara melasti merupakan salah satu rangkaian dari beberapa kegiatan agama hindu dalam rangka hari raya nyepi yang jatuh pada tanggal 3 maret 2022 mendatang.

 

“ Upacara melasti sebagai upacara pembersihan alam semesta termasuk bumi pertiwi dan seisinya. pada upacara tersebut dibersihkan pula sarana prasarana atau peralatan upacara yang akan digunakan dalam acara persembahyangan nyepi 1944 saka pada upacara tawur agung di komplek candi prambanan”katanya. (h-d)

 

Lebih baru Lebih lama