Dandim 0723 klaten, canangkan desa Nglinggi sebagai desa pancasila



Kasihinfo.com klaten - Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, Senin,(7/3/2022) dicanangkan sebagai desa Pancasila oleh Kodim 0723 Klaten. selain desa Nglinggi, pencanangan desa pancasila dilakukan di 25 desa di 25 kecamatan lainnya.

Pencanangan Desa nglinggi, kecamatan Klaten Selatan, Klaten , sebagai desa Pancasila ditandai dengan, pembacaan pancasila oleh komandan kodim  0723 klaten Letkol inf Joni Eko Prasetyo,  dilanjutkan penandatanganan prasasti dan penyerahan pancasila serta piagam, oleh Dandim kepada kades Nglinggi Sugeng Mulyadi,  dilanjutkan pelepasan balon dan burung merpati putih.

Komandan kodim 0723 klaten, letkol inf joni eko prasetyo mengatakan, jika dalam tahap awal, ada sekitar 26 desa di 26 kecamatan di klaten, di canangkan sebagai desa pancasila.

“Nantinya, 401 desa/kelurahan di klaten juga dicanangkan secara bertahap. pencanangan desa pancasila dilakukan kodim klaten atas prakarsa kepala staf angkatan darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman” katanya.

Tujuan dari Pencanangan desa pancasila sendiri salah satunya untuk semakin menanamkan nilai-nilai pancasila. selain itu, pembentukan desa pancasila untuk menangkal munculnya kelompok atau aliran tertentu yang mencederai rasa persatuan dan kebersamaan.

Sedang Kepala Dispermasdes Kabupaten Klaten Joko Purwanto menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mendukung pencanangan Desa Pancasila di 26 desa di seluruh kecamatan se Kabupaten Klaten.

“Keanekaragaman yang ada di Indonesia menjadi kekayaan bangsa dan negara Ikita. Semua keanekaragaman itu telah diikat menjadi satu dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang ditulis Empu Tantular dalam buku Sutasoma. Maka, kita harus bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, seperti menghormati agama atau keyakinan lain, gotong royong, musyawarah, dan lain-lain. Jangan sampai Pancasila tergerus oleh ideologi lain,” tandasnya.

Kades nglinggi, Sugeng Mulyadi merasa bersyukur atas kepercayaan kodim yang memilih nglinggi sebagai desa pancasila. sebelumnya, desa nglinggi juga dicanangkan sebagai desa damai serta  desa damai berbudaya. pak kades bersama warganya akan terus berupaya untuk mewujudkan kerukunan dalam perbedaan.

“kami bersyukur atas kepercayaan serta terpilihnya desa Nglinggi sebagai desa pancasila. memang sebelumnya, desa Nglinggi juga dicanangkan sebagai desa damai, serta desa damai berbudaya, dan masih ada beberapa lagi lainnya. Kami bersama warga dan babinsa, bhabinkamtibmas, terus berupaya menjaga desa, sekaligus berupaya menyelasaikan berbagai permasalahan yang ada dengan damai” kata pak kades. (h-d)

Lebih baru Lebih lama