Sensasi makan tengkleng ndas kambing utuh di Pedan, Klaten

Kuliner Tengkleng Ndas Kambing sor duren, Jatimulyo, Pedan, Klaten. 


Kasihinfo.com Pedan - Menu olahan daging kambing sering diburu para pecinta kuliner, baik berupa sate, tongseng maupun gule.  Namun kali ini ada sebuah warung yang menyajikan olahan kepala atau ndas kambing secara utuh.

 

Namanya warung tengkleng Ndas Sor Duren, ada di desa Jatimulyo,  kecamatan Pedan,  Klaten. Sor duren, karena keberadaan warung tepatnya di bawah pohon durian. Warung yang baru buka saat bulan ramadhan kemarin menjadi incaran pecinta kuliner di klaten jawa tengah. Menu andalan yaitu ndas kambing,  yaitu olahan kepala kambing secara utuh.


Ahmad Juhairi, pemilik warung tengkleng ndas sor duren, Jatimulyo, Pedan, Klaten.


Pemilik warung, Ahmad Juhairi sengaja membuat menu ndas kambing utuh, guna membedakan dengan warung olahan kambing yang lain . Ia mengatakan jika umumnya, warung olahan daging kambing hanya menyajikan sate, gulai tongseng dan tengkleng, namun jarang ada yang menyajikan olahan tengkleng kepala kambing utuh.

 

“ Kalau olahan berupa sate, tongseng atau gulai sudah biasa, maka kami pilih menu yang unik berupa Ndas atau kepala kambing utuh. Guna membedakan dengan warung lainnya, sehingga mudah diingat para pelanggan”katanya.

 

Olahan kepala kambing tersebut melalui beberapa tahapan dan membutuhkan waktu beberapa jam. hal tersebut dilakukan guna menghilangkan bau prengus pada daging dan membuat olahan kepala kambing utuh terasa utuh dengan rasa khas bumbu yang meresap hingga ke dalam.

 

Olahan  tengkleng ndas kambing diawali dengan pembersihan bulu dengan cara dibakar. selanjutnya direbus dengan air biasa kemudian direbus kembali dengan bumbu rempah dan selanjutnya dimasak dengan bumbu khas warung setempat.

 

“Satu porsi tengkleng ndas harganya 180 ribu rupiah dan bisa untuk 4 hingga 5 orang orang. setiap harinya ada sekitar 10 kepala kambing dibeli oleh pelanggan. Monggo mampir ke warung tengkleng ndas sor duren pedan” pungkasnya.

 

Salah satu pecinta olahan daging kambing, Dwi Subagyo mengatakan jika ketika makan di warung setempat membuat berbeda dan memiliki sensasi tersendiri. pasalnya kalau maka berupa tongseng,  sate , gulai itu sudah biasa. menurutnya rasa tengkleng kepala kambing tersebut didominasi rasa gurih dan pedas, enak dan pas di lidah.

 

“ Kalau makan ndas utuh itu sensasinya berbeda mas. Apalagi pakai tangan ketika potong2 daging di kepala kambing. Kalau rasa, sudah pasti enak, empuk dan rasa bumbu rempahnya meresap hingga ke dalam daging” katanya.


Erna Kuswandari, salah satu pelanggan Tengkleng Ndas.


hal yang sama juga diungkapkan oleh Erna kuswandari,  jika bumbu khas tengkleng meresap hingga ke dalam , jadi rasanya enak. terkait harga masih terjangkau, terlebih bisa dibuat untuk 4 hingga 5 orang, jadi bisa untuk makan bersama.

 

“ rasanya enak mas, jajan Bisa bersama temen-teman karena bisa untuk 4 hingga 5 orang satu porsinya. Pokoknya tidak salah pilih warung bagi pecinta kuliner daging kambing” ungkapnya. (h-d)

 

 






Lebih baru Lebih lama