493 Calon Haji Klaten diberangkatkan dalam kloter 13 dan 14

 


Kasihinfo.com -Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji  (P3H) bakal memberangkatkan 493 calon jama'ah haji asal Klaten secara terpusat di Gedung Olah Raga (GOR) Gelarsena. Pemberangkatan calon tamu Allah itu dilakukan dua gelombang dalam kloter 13 dan 14.


"Hal - hal teknis terus kita persiapkan. Untuk kloter 13 sebanyak 330 calhaj akan berangkat hari Sabtu (11/06) jam 07.00 wib. Selanjutnya disusul kloter 14 sebanyak 163 calhaj akan berangkat Ahad (12/06) jam 06.00 WIB" terang Joko Purwanto Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Klaten saat memimpin rapat persiapan pemberangkatan haji di ruang rapat Masjid Al Aqsa, Klaten (Jumat, 3/06).


Ditambahkan Joko Purwanto selama pandemi pemerintah tidak mengirimkan jamaah haji. Tahun 2022 ini Pemkab juga harus mempersiapkan agenda tahunan seperti HUT Klaten dan HUT RI.


"Momentum haji tahun ini memang hampir bersamaan dengan HUT Klaten dan HUT RI. Tapi panitia berusaha sungguh-sungguh mempersiapkan. Misalnya armada, petugas keamanan dan pendukung lainnya. Untuk jajaran panitia untuk datang lebih awal, khususnya panitia pemberangkatan" pesannya.


Ketua P3H Klaten Mujab sekaligus Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten disela-sela rapat persiapan menjelaskan pemerintah akan melepas para tamu Allah. Tidak saja acara pemberangkatan tapi juga pamitan haji.


"Panitia P3H 2022 sudah dibentuk untuk membantu para jamaah. Acara pamitan haji rencana akan diikuti Bupati Klaten. Pamitan haji akan dilaksanakan di Pendopo Klaten (Kamis, 9/06). Karena masih kondisi PPKM level 2, untuk 493 calhaj harus tetap prokes" kata Mujab.


Terkait bawaan haji Mujab yang juga petugas haji itu mengingatkan agar bawaan calon haji dikemas lebih awal. 


"Pemkab sendiri sifatnya adalah kordinasi dan fasilitasi. Untuk hal teknis ada dalam kewenangan Kementerian Agama. Ada 8 bus yang disiarkan panitia. Armada akan sudah siap dua jam sebelum pemberangkatan. Selanjutnya koper bawaan harus sudah masuk ke Kemenag direncanakan Kamis (9/1/06)" pungkas Mujab.

Penulis Joko Priyono Diskominfo Klaten.

Lebih baru Lebih lama