Gandeng Kemenkes, Gus Nabil sosialisasikan GERMAS

 

Anggota DPR RI Muchammad Nabiel Haroen bersama Kemenkes sosialisasi Germas di Belangwetan, Katen Utara. Jumat, (10/06/2022)


Kasihinfo.com Klaten -  Anggota DPR RI Komisi Muchammad Nabiel Haroen dengan komunitas Omah Sambung Klaten, menggandeng kementrian kesehatan Republik Indonesia, melaksanakan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat(Germas) di desa Belangwetan, kecamatan Klaten Utara, klaten Jawa Tengah. Jumat, (10/06/2022)

 

Sosialisasi yang dikemas dalam acara talkshow ini menampilkan dua narasumber, yaitu Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP, Muchammad Nabiel Haroen atau Gus Nabil dan Dosen Poltekes Kesehatan Surakarta, Yopi Harwinanda Ardesa.

 

Gus Nabil mengatakan, lewat sosialisasi Germas kali ini, ingin mengajak masyarakat, bagaimana bersama-sama membudayakan hidup sehat. Dalam kesempatan tersbut banyak dilontarkan pertanyaan dari peserta seperti terkait BPJS, terkait persoalan iuran, penggunaan ambulan dinkes, namun ada oknum menarik biaya tidak pantas, kemudian dilakukan advokasi berbagai permasalahan yang dialami warga masyarakat oleh Gus nabil.

 

“ intinya kami ingin mengajak warga untuk hidup sehat. kami juga melakukan advokasi berbagai permasalahan yang dialami warga masyarakat” katanya.

 

Gus nabil menegaskan jika setiap Warga Negara Indonesia (WNI) wajib memiliki jaminan kesehatan untuk dirinya. untuk warga mampu, harus mengikuti BPJS mandiri, dan bagi  warga yang benar-benar tidak mampu, mereka harus memperoleh haknya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari fasilitas kesehatan milik negara secara gratis.

 

“ monggo bagi yang menemukan warga yang benar-benar tidak mempu namun belum tercover BPJS KIS atau PBI, nanti bisa menghubungi tim kami ( Omah Sambung Klaten). nanti akan kawal untuk mendapatkan hak mereka, BPJS KIS dari pemerintah” imbuhnya.

 

Direktur Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Jakarta III, Yupi Supartini mengatakan, Poltekes jakarta 3 ini dibawah kemenkes,  diberikan tugas untuk mendukung program dari pemerintah, mensosialisasikan bagaimana gerakan yang harus dilakukan seluruh komponen masyarakat dalam mewujudkan hidup sehat.

 

“ untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat bukan hanya tugas dari pemerintah saja, tetapi semua masyarakat mempunyai kewajiban hidup sehat secara mandiri” ungkapnya.

 

 

Yupi Supartini mengatakan, sosialisasi GERMAS ini sangat penting dilakukan ke masyarakat, dengan tujuan, menurunkan kasus penyakit menular dan tidak menular, meningkatkan produktifitas hidup, meningkatkan kerjasama multi sektor masyarakat, dan pengenalan sistem kesehatan masyarakat. (h-d)

 

 

Lebih baru Lebih lama