Kasi Kurikulum Pemprop DKI : " EWDS BERIKAN KEMUDAHAN ANAK SMK BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF "

Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan  Propinsi DKI  Jakarta  Erni Mawarni, M.Pd 



Kasihinfo.com Jakarta - Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan  Propinsi DKI  Jakarta  Erni Mawarni, M.Pd menyatakan bahwa modul Electrical Wiring Diagram Simulator ( EWDS ) telah memberikan pengalaman baru bagi guru-guru SMK tentang inovasi baru peraga kelistrikan otomotif yang telah dilengkapi dengan software dan hardware pada saat guru-guru SMK di DKI Jakarta mengikuti mini workshop di SMKN 5 Jakarta belum lama ini.


Penyelenggaraan mini workshop tentang  Electrical Wiring Diagram Simulator ( EWDS ) ini dimaksudkan agar para guru SMK  pada saat mengajar kelistrikan kendaraan tidak banyak mengalami kesulitan yang berarti sehingga  mempermudah  siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) dalam  belajar kelistrikan otomotif. 

 

Mini workshop yang mengambil tema Pemberdayaan Teknologi Berbasis IT dan AI ( Artificial Inteligensi )  Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Era Industri 4.0 Dengan Modul EWDS ini dilaksanakan di SMKN 5 Jakarta Timur Kamis (21/7/2022 ) dan dibuka oleh Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta Erni Mawarni, M.Pd.


Panitia Mini Workshop  dari SMKN 5 Jakarta Timur Sahabat Bancin  menjelaskan modul  EWDS adalah alat peraga Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) yang memiliki koneksi program dengan Papan latih.


Dikatakan bahwa program EWDS ini mampu terhubung dan terkomunikasikan dengan papan kabel yang menggunakan kabel USB dan bluetooth. 


" Alat peraga ini bisa menggunakan kabel USB untuk kecepatan dan koneksi yang stabil  serta  bluetooth untuk menggunakan papan secara wireless." katanya.


Selain menggunakan papan display kabel di monitor, program EWDS juga mampu menampilkan kabel yang terpasang pada papan dengan warna yang berbeda tiap simpul koneksi. 


" Oleh karena itu tampilan skema pada programpun sama dengan yang ada di papan, sehingga kemampuan  membaca kabel akan lebih mudah." katanya.


Koordinator MGMP SMK Propinsi DKI Jakarta Sahabat Bancin, M.Pd usai pembukaan mini workshop kepada sejumkah awak media mengatakan workshop ini menjadi penting untuk diselenggarakan karena modul EWDS ini sebagai alat peraga SMK Otomotif yang sudah cukup maju  menjadi  sarana untuk mempermudah siswa SMK belajar kelistrikan kendaraan otomotif .


"Program EWDS mampu menganalisa pengkabelan dan mampu menemukan kesalahan dari kabel yang terpasang. Itulah sebabnya EWDS mempermudah siswa SMK untuk belajar kelistrikan otomotif." ujar Sahabat Bancin.


Mini workshop ini  diikuti  sebanyak 70 orang dari perwakilan 41 SMK se DKI Jakarta dan sekitarnya dengan nara sumber langsung dari pemilik hak cipta alat ini  Indra Gunawan  dari Yogyakarta  dan Berto Krisnapati dari  PT.Berkah Tangguh Abadi ( BTA ) Jakarta sebagai distributor alat ini.


Dikatakan EWDS ini sangat bagus untuk diaplikasikan di papan latih yang sudah ada di sekolah.

" Kedepan EWDS ini sangat perlu dimiliki pihak sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar kelistrikan di otomotif" katanya.


Menurut Sahabat Bancin mode Pengecekan Realtime Fitur baru pada produk EWDS  ini memungkinkan siswa langsung mengetahui apakah kabel yang dipasang benar atau salah melalui indikator suara dan LED. 


"Tidak perlu khawatir kalau siswa melakukan kesalahan sekecil apapun  karena fitur realtime ini mampu mengetahui jumlah kabel ditancapkan pada papan. Sehingga trainer mampu mengetahui kompetensi siswa ketika merakit kabel." katanya. ( *Moch.Isnaeni* )


Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana mengoperasikan EWDS dapat klik  link di bawah ini :https://youtu.be/VsPJdKgrc5A



Lebih baru Lebih lama