Sokong ketahanan pangan, pemdes Puluhan gelontorkan bantuan ternak kambing untuk pemuda



Kasihinfo.com Klaten - Pemerintah desa Puluhan kecamatan Trucuk kabupaten Klaten mewujudkan pemulihan ekonomi serta ketahanan pangan sesuai Perpres No 104 Tahun 2021. Pemdes menggelontorkan dana desa Rp 40 juta untuk budidayakan ternak kambing kelompok pemuda di masing masing dukuh.


Setiap kelompok mendapat 4 hingga 5 ekor kambing.


Kepala Desa Puluhan Cahyo Wibowo berharap ternak kambing kelompok pemuda ini dapat dikembangkan  untuk menyokong ketahanan pangan. 


Pemilihan ternak kambing tersebut karena secara geografis Desa Puluhan sangat menunjang untuk kegiatan peternakan. Selain itu, potensi lain bisa didapatkan dari kotoran kambing yang bisa diubah menjadi biogas dan pupuk kandang.


"Disini lah kita mulai merancang, kotoran hewan ini kita kelola. Selain dikelola menjadi biogas dan juga diolah menjadi pupuk organik," terangnya.


Pupuk organik ini, lanjut jadi potensi besar. Sebab, banyak warga di puluhan bekerja sebagai peternak dan petani.


Sementara itu camat Trucuk Rabiman mengapresiasi langkah pemdes dalam pemberdayaan masyarakat khususnya generasi muda untuk menyokong ketahanan pangan melalui bantuan ternak kambing. Diharapkan dapat dikembangkan secara maksimal sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa dan menekan angka pengangguran.(pur)

Lebih baru Lebih lama