Berawal dari hobi, dalang wayang kardus kontet hariyanto hibur warga Pasung

 

 Pementasan wayang kardus oleh dalang Kontet Hariyanto, di desa Pasung, Wedi, Klaten. Senin, (29/8/2022)


Kasihinfo.com Klaten - Kreatifitas memang membawa berkah, seperti yang dilakukan salah satu warga di Klaten Jawa Tengah, dengan merubah kardus bekas menjadi aneka wayang kardus.  berkat kreatifitasnya tersebut, dalang wayang kardus, kontet hariyanto sering mementaskan wayang kardusnya dengan membawakan cerita ketoprak.

 

Salah satu pementasan yang dilakukan oleh Kontet Hariyanto, pada senin malam, (29/8/20222)  dalang wayang kardus warga dukuh karangan, desa pasung, Kecamatan wedi , kabupaten klaten, tersebut mementaskan wayang kardus di desa Pasung.

 

Pementasan wayang kardus tersebut sebagai rangkaian peringatan hut ri ke 77 dan hari jadi kabupaten klaten ke 218. Sepintas,  pementasanya sama dengan wayang kulit, dimana ada dalang, wayang, tetapi wayang tersebut terbuat dari kardus, kemudian ada sinden serta pengiring, namun pementasan wayang kardus ini menggunakan pengiring secara ringkes, tanpa gamelan, hanya dengan iringan musik elekton atau orgen dan kendang.

 

 Dalang wayang kardus, Kontet Hariyanto

Kontet Hariyanto menceritakan, awal mula menjadi dalang wayang kardus. Berawal dari kecintaannya terhadap wayang kulit, maka kontet hariyanto dengan sabar dan tekun mengumpulkan kardus bekas yang ada di lingkungan sekitarnya untuk dijadikan wayang kardus. wayang kardus buatannya itu disesuaikan dengan tokoh di dunia pewayangan atau pun tokoh baru yang diciptakannya. saking cintanya pada wayang, kontet hariyanto lalu memodifikasi cerita ketoprak ke dalam wayang kardus.

 

“berawal dari hobi dan kecintaan saya kepada seni wayang kulit. kemudian mulai membuat wayang dari kardus bekas yang ada di sekitar. saya mulai berkarier sebagai dalang wayang kardus pada 2018 hingga saat ini. untuk lakon selain membawakan cerita ketoprak, juga menyelipkan pesan lain seperti dakwah, program pembangunan dan informasi lainnya ke warga” kata kontet.

 

Sementara itu kepala desa pasung sumarsono menyatakan, pemerintah desa pasung mendukung upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya yang ada di desanya. pemdes juga mendukung kiprah dalang kontet hariyanto tersebut untuk terus berkreasi, dengan membantu fasilitas untuk mendalang, selain itu dipromosikan  dengan tampil di acara tertentu dan sebagainya.

 

“ salah satunya pada rangkaian peringatan hut RI ke 77 kali ini. Pak dalang Kontet, memberikan hiburan kepada warga sekitar. warga sanagt antusias melihat pentas wayang kardus, melihat penuhnya penonton yang memadati jalan di depan dan samping panggung. Kami pemerintah desa akan selalu mendukung berbagai potensi yang ada di desa pasung, agar terus berkembang dan bermanfaat bagi pelaku dan warga sekitar” kata pak Kades. (h-d)

Lebih baru Lebih lama