Ratusan bonsai dari Jateng dan Yogyakarta, semarakkan pameran dan kontes bonsai lokal di Tirtomarto



Kasihinfo.com Klaten - Ratusan aneka bonsai dari Jateng dan DIY ikut semarakkan pameran dan kontes bonsai lokal” Manunggal Bawono Tirto ” yang diselenggarakan oleh Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Klaten di Tirtomarto, kecamatan Cawas Klaten Jawa Tengah. Kegiatan berlangsung di lapangan desa Tirtomarto, bersamaan pelaksanaan bazar UMKM desa setempat.

 

Pelaksnaan kontes bonsai ditandai dengan penerbangan balon udara oleh bupati Klaten Sri Mulyani. Tampak hadir dalam acara tersebut adalah Ketua Fraksi PDI P DPRD Kabupaten Klaten, Edi Sasongko, Camat Cawas, Prihardi, Kepala DPM PTSP, Agus Suprapto, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pemkab Klaten, Sri Nugroho, Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan Pemkab Klaten, Widiyanti, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Srihadi, Kabag Kesra Sekda Klaten, Muhammad Mujab, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Cawas, serta beberapa kepala desa di Kecamatan Cawas.

 

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk bazar UMKM dan pameran serta kontes bonsai lokal ,diselenggarakan dalam rangka HUT RI ke 77 dan hari jadi Kabupaten Klaten yang ke 218.

 

Kepala desa Tirtomarto, kecamatan Cawas, Klaten, Agung Nugroho menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memasarkan serta mempromosikan umkm yang ada di desa setempat, sekaligus mengangkat bonsai lokal ke kancah nasional.

 

“ pameran dan kontes bonsai kali ini bersamaan dengan bazar umkm desa setempat, guna mengangkat bonsai lokal klaten dan sekitarnya ke kancah nasional, sekaligus meningkatkan perekonomian warga sekitar dengan mempromosikan umkm yang ada di sekitar” katanya.

 

Pak kades menambahkan, peserta pameran bonsai sendiri melebihi target. Jumlah peserta yang ditargetkan sebanyak 350 peserta, namun justru yang ikut kontes melebihi target yaitu sekitar 473 peserta pameran dan kontes bonsai.

 

Peserta selain Soloraya dan Yogyakarta, ada beberapa kontestan dari kota besar seperti Semarang,  Bekasi dan kota besar lainnya. ada peserta dari tingkat pemula hingga tingkat profesional yang ikut serta  dan dilihat dari segi harga jual, harga tertinggi dari bonsai yang diikutkan pameran dan kontes  sekitar 350 juta rupiah.

 

Dalam sambutanya, Bupati klaten, Sri Mulyani menyambut dengan penuh gembira atas penyelenggaraan pameran dan kontes bonsai lokal tersebut, dalam rangka hari jadi kabupaten Klaten yang ke 218, dan HUT RI ke 77.

 

“ saya ucapkan terimakasih kepada warga dan masyarakat di klaten jawa tengah dikarenakan sangat antusias dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan di masing-masing wilayah dan desanya. saya berharap,  berbagai kegiatan,  salah satunya pameran dan kontes bonsai yang bersamaan dengan pameran umkm tersebut, membawa berkah bagi warga sekitar, sekaligus mengangkat bonsai lokal yang ada di klaten dan sekitarnya. memang butuh kesabaran, ketekunan dan seni dalam merawat bonsai, untuk memperoleh nilai jual yang tinggi” kata Bupati.

 

Kegiatan pameran dan kontes bonsai dimeriahkan oleh penampilan penyanyi cilik Arda Tatu, dengan menyanyikan beberapa lagu salah satunya ojo dibandingke. (h-d)

Lebih baru Lebih lama