Tingkatkan ekonomi warga, KWT Barepan gelar bazar hasil pertanian



Kasihinfo.Klaten - Inovasi Kelompok Wanita Tani (KWT) Se Desa Barepan menggelar Bazar hasil pertanian di Alun-alun Taman Barepan (17/8). Acara ini di Gelar setelah Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77. 


Dalam kegiatan bazar Kelompok Wanita Tani ini diikuti oleh  KWT Se Desa Barepan antara lain, KWT Guyup Rukun Blok KPK, KWT Pandan Wangi Barepan Kulon, KWT Subur Makmur Gebang, KWT Anugerah Dukuh, KWT Manunggal Rasa Barepan Wetan, KWT Sedyo Rukun Sepi, KWT Sabuk Alu Brangkal, KWT Ngudi Rejeki Tanjung. 


Kepala Desa Barepan Irmawan Andriyanto, mengatakan Bazar KWT ini diadakan sebagai rangkaian inovasi Desa Barepan dan kegiatan memperingati HUT RI ke 77. Dalam bazar ini menampilkan berbagai produk yaitu, Berbagai sayuran segar, produk olahan hasil KWT, Snack, Makanan ringan, Berbagai minuman, dan hasil pertanian. Tak lupa menjajakan makanan khas desa Barepan yaitu Legondo.


" Kegiatan ini selain bertujuan untuk memotifasi UMKM-UMKM yang ada di desa Barepan juga tentunya meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena setiap sore hari di alun-alun Taman Barepan ini banyak sekali UMKM yang menggunakan untuk berjualan kuliner. Sering berjalannya waktu pemerintah desa Barepan akan selalu berbenah agar fasilitas publik ini tetap terjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung,"ungkap Irmawan Andriyanto.


Kepala Desa Barepan menambahkan, kegiatan apapun itu yang sifatnya positif dan inovatif untuk kemajuan desa tentunya akan kami suport, sehingga akan membantu terwujudnya tagline Hari Jadi Kabupaten Klaten yang ke 218 yaitu "Nyawiji Hanggayuh Mukti" .


Ninik seorang anggota KWT Guyup RUKUN menambahkan, kegiatan ini sangat bermanfaat karena setelah di setiap RW ada KWT tentunya akan membantu ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan sayur mayurnya. tidak harus ke pasar karena di KWT sudah banyak terdapat tanaman sayuran yang antara lain Tomat, Ketimun, Sawi, Bayam, Kangkung, Cabai, wortel, dan lainnya. 


Hal senada juga disampaikan oleh pengunjung Sri Sulami warga Kecamatan Pedan," Saya beserta keluarga tadinya datang ke Alun-alun Taman Barepan hanya bertujuan untuk melihat Prosesi Upacara HUT RI ke 77 namun setelah tau ada bazar Hasil KWT sekalian belanja sayuran segar".(jat)

Lebih baru Lebih lama